mobilinanews

AXCR 2023 : Upaya Keras dan Keandalan Toyota Hilux V8, Memen Harianto ke Posisi 1 Kelas T1G di SS 5

Jum'at, 18/08/2023 21:08 WIB
AXCR 2023 : Upaya Keras dan Keandalan Toyota Hilux V8, Memen Harianto ke Posisi 1 Kelas T1G di SS 5
Toyota Hilux Revo V8 yang dikendarai Memen Harianto terbang pada SS 5 hari ini dan naik ke posisi satu kelas Bensin T1G di SS5 AXCR 2023.

mobilinanews (Laos) - Perally yang tergabung dalam Indonesia Cross Country Rally Team, Memen Harianto yang berpasangan dengan Chonlanat Phophipad (Thailand) dan Rimhalsyah Buchori, berhasil menduduki peringkat 1 kelas T1G di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 di Laos hari ini.

Memen yang mobilnya sempat klonthang (terbalik) pada SS3, bangkit dari keterpurukan bisa melewati SS4 dengan baik, dan pada Jumat (18/8/2023) hari ini berhasil menjadi yang tercepat di kelasnya, yaitu Kelas Bensin.

 "Alhamdulillah, bisa menjalani SS5 hari ini yang super duper berat, di lintasan berpasir yang panas dan banyaknya bebatuan di sepanjang Special Stage (SS), dan sempat mengalami pecah ban sekaligus tiga. Dengan upaya keras, akhirnya bisa menyelesakan SS5 dengan baik dan waktu tercepat," ujar Memen kepada mobilinanews.

Toyota Hilux Revo V8 yang dikemudikan Memen Harianto sempat klonthang di SS3

Memen yang mengendarai Toyota Hilux Revo V8 mengaku kali ini Dewi Fortuna sedang berpihak kepadanya. "Iya, didukung mobil yang andal dan faktor keberuntungan, ikut menyertai saya dan tim kembali naik ke peringkat satu," lanjut Memen.  

Pukul 8.30 waktu setempat, semua peserta mulai start menempuh road section sejauh 46 km, untuk berkumpul di area start Special Stage (SS5).

SS5 menempuh jarak sejauh 110 km, dengan maximum time 5 jam. Rute yang dilalui merupakan kawasan hutan dengan karakter tanah berpasir, bumpy, berlubang dan aliran air, serta di beberapa titik peserta harus melintasi sungai serta jalur air yang tidak terlalu lebar namun cukup dalam.

Terdapat juga beberapa titik lumpur dan genangan air yang tidak sepanjang dan sedalam pada SS4 kemarin.

Karena semalam Laos diguyur hujan deras hingga pagi hari, peserta kali ini beruntung tidak menghadapi debu dari peserta di depannya. Setelah finish SS, para peserta menjalani road section sejauh 45 km menuju hotel Champasak di Pakse, Laos.

Pagi hari suhu ada di tingkat 27 derajat celcius dan siang hari mencapai 33 derajat. Akan tetapi semua peserta merasakan panas yang luar biasa.
Route SS kali ini tidak terlalu sulit dibaca.

Meski demikian, karena licinnya lintasan, menyebakan insiden kecelakaan dua pemotor yang salah satunya patah pergelangan tangan kiri. Untungnya bisa ditangani segera oleh tim rescue dan ambulans.

Hasil sementara hingga Leg 5, untuk kelas Auto (mobil), overall dan kelas T1D, perally Takuma Aoki dari Toyota Gazoo Racing Indonesia memimpin di urutan pertama.

Takuma Aoki yang mantan pembalap MotoGP dari Jepang berpasangan dengan navigator Ittipon Simaraks (Thailand).

Kemudian perally Toyota Gazoo Racing Indonesia lainnya, TB Adhi dengan co-driver Jatuporn Burakitpachai dari Thailand berada di urutan kedua Overall. Sehingga dua besar perally Toyota Gazoo Racing Indonesia menempati posisi terhormat dan paling bergengsi.  

Kemudian, Memen Harianto berlaga di kelas Bensin, naik ke posisi pertama di kelasnya. Selain itu, masih ada beberapa perally Indonesia lainnya yang berlaga di ajang AXCR 2023 kali ini di antaranya Wiajaya Kusuma Subroto, Lody Natasha serta Shammie Zacky. 

Keikutsertaan Memen kali ini didukung Telkom Indonesia dan Pertamina sebagai sponsor utama, serta support dari Delium Tires, Race Pace, Furukawa Battery, Toyota Gazoo Racing Indonesia, TCD Indonesia, Studio Ubud, Pasundan Jaya, Extrim Indonesia, JNE, Karya dan Indah Motor.

Kita doakan semoga Memen dan para pereli Indonesia lainnya, berhasil mencetak prestasi terbaiknya di SS terakhir yaitu SS6 sepanjang 52 km. (budsan)

RESULT SS 5 AXCR 2023 :

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo