mobilinanews

AXCR 2023 : Ternyata TB Adhi Harus Bertarung Dengan Mobil di Atas Spec-nya, Namun Bisa Juara 2 Overall

Selasa, 22/08/2023 02:08 WIB
AXCR 2023 : Ternyata TB Adhi Harus Bertarung Dengan Mobil di Atas Spec-nya, Namun Bisa Juara 2 Overall
TB Adhi dan sang navigator dari Thailand saat seremonial finish di AXCR 2023 di Laos

mobilinanews (Laos) - Bersama pembalap Takuma Aoki dari Jepang, Toyota Fortuner GR Sport Diesel telah berpartisipasi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR), yang kerap dijuluki sebagai Reli Dakar versi Asia, sejak 2017.

Fortuner GR Sport yang dipakai telah memperoleh rombakan khusus sesuai regulasi yang berlaku, mulai dari sasis hingga bodi, semua bagian diperkuat agar dapat melaju aman di rute reli yang sangat menantang tersebut.

Bagian dalam dipasang roll cage untuk melindungi pembalap dan mesin memperoleh sentuhan modifikasi untuk meningkatkan performa di medan off-road.

Takuma Aoki dan Ikuo Hanawa, juga dari Jepang, kembali berlaga di kelas paling bergengsi T1D (modifikasi) pada ajang AXCR tahun ini.

Dampak kecelakaan di GP500 tahun 1998 (sekarang MotoGP) yang melumpuhkan kedua kaki Takuma Aoki tidak menyurutkan semangatnya bertanding di bawah bendera Toyota Gazoo Racing Indonesia.

Mobilnya didesain secara khusus terutama untuk mekanisme gas dan rem menggunakan tangan kiri yang dipersiapkan Aoki bersama dengan engineer TGRI.

Sementara dari Indonesia, pereli TB Adhi disiapkan menjadi pembalap lokal TGRI pertama di ajang AXCR untuk berlaga di kelas T2A-D (standard non homologasi).

Namun saat scrutineering awal, pihak penyelenggara lomba melihat ada hal yang tidak sesuai dengan spesifikasi kelas T2A-D, membuat Adhi harus berkompetisi di kelas T1-D yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

“Harus menghadapi kompetitor dengan spesifikasi mobil yang lebih tinggi tidak menyurutkan sedikit pun semangat pada tim. Dan, datang sebagai pembalap lokal pertama TGRI pada ajang AXCR tentu menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk terus pushing the limits menghadirkan hasil yang terbaik bagi tim," ujar TB Adhi, perally Toyota Gazoo Racing Indonesiam

Bersyukur chemistry antar driver, engineer, dan seluruh tim menumbuhkan support system yang kuat dan mampu mengantarkan TGRI meraih juara satu dan dua di kelas Mobil secara overall.

"Kemenangan ini tentu kita persembahkan untuk negeri tercinta Indonesia yang baru saja berulang tahun ke-78,” terang TB Adhi.

Meskipun harus berhadapan dengan lawan yang lebih unggul secara teknis, Adhi tetap berlomba dengan penuh semangat antara negara Thailand dan Laos sejauh 2.000 km yang ditempuh selama 6 hari (14–19 Agustus 2023).

Bermodalkan DNA motorsport Toyota yang sudah berpengalaman di lomba cross country seperti Dakar Rally, Fortuner GR Sport Diesel terbukti begitu tangguh dan minim kendala sehingga Adhi mampu bertarung dengan konsisten untuk menempati podium kedua Asia Cross Country Rally 2023.

Namun sayang, mobil pembalap Ikuo Hanawa tidak dapat melanjutkan kompetisi setelah hari ke-4 karena kerusakan berat pada mesin.

Bermodalkan pengalaman panjang, Takuma Aoki tampil memukau bersama Fortuner GR Sport Diesel untuk memenangkan lomba di posisi pertama AXCR 2023.

 “Toyota tidak hanya mengejar prestasi di kancah motorsport domestik, namun juga mempersiapkan pembalap TGRI supaya dapat berkompetisi di ajang balap regional yang lebih menantang," jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Alhasil, skill pembalap TGRI akan semakin berkembang di samping tentunya melatih kru TGRI supaya dapat meningkatkan performa race car dengan target melampaui kinerja terbaiknya.

"Sejalan semangat kaizen dan visi menghadirkan ever-better cars, Toyota menggunakan data dan pengalaman penting dari sirkuit balap dunia dalam pengembangan model-model baru sesuai perkembangan trend, teknologi, dan lifestyle, serta menghadirkan excitement dan joy of GR kepada para motorsport enthusiast,” urai Anton.(bs)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo