mobilinanews

F1 2023 Italia: Rekor Fantastis Menunggu Max Verstappen di Monza, Kemenangan 10 Kali Beruntun!

Senin, 28/08/2023 21:39 WIB
F1 2023 Italia: Rekor Fantastis Menunggu Max Verstappen di Monza, Kemenangan 10 Kali Beruntun!
Max Verstappen (Red Bull Racing) acungkan 9 jari usai kemenangan ke-9 berurutan musim ini. (Foto: f1)

mobilinanews (Belanda) - Monza salah satu sirkuit klasik dan ikonik. Menyimpan banyak cerita hebat di gelanggang Formula 1. Ke sana juga Max Verstappen datang untuk cetak sejarah: menang beruntun 10 kali.

Minggu (27/8) di GP Belanda, pembalap Red Bull Racing (RBR) itu mencetak kemenangan kali ke-9 secara beruntun. Hanya 3 pembalap F1 yang bisa meraih hasil itu. 

Pertama adalah Alberto Ascari (Ferrari) pada 1952  (termasuk balap Indy) dan kedua adalah Sebastian Vettel pada 2013. Vettel mencetak rekornya juga bersama tim RBR.

Minggu (3/9) ini Verstappen berpeluang mencetak rekor yang belum pernah ada, yakni menang 10 kali beruntun. Itu jika tren kemenangannya berlanjut di GP Italia, Monza, yang berdurasi 53 laps. Ya, perjuangannya ditentukan dalam 53 laps itu.

Monza salah satu trek yang acap menghadirkan pemenang non unggulan, acap muncul kejutan. Salah satunya adalah Pierre Gasly di atas mobil AlphaTauri pada musim 2020.

Verstappen sendiri tak terlalu bersinar di sirkuit itu. Sejak mengaspal di jalur F1 pada 2015, ia baru sekali juara di Monza, pada musim 2022. Itu satu-satunya podiumnya di sana. Dua kali beruntun pada 2020 dan 2021 ia bahkan tak menyentuh garis finish alias retire. 

Tapi, melihat dominasinya di kokpit RB19 sejauh ini, maka mudah sekali untuk memfavoritkan Verstappen berlanjut dengan tren kemenangannya. Dari 13 seri tahun ini, ia sudah mendapuk 11 kemenangan. Termasuk 9 kali beruntun tadi.

Gasly salah satu yang yakin Verstappen akan mencetak rekor 10 kemenangan beruntun itu di Monza. Pembalap Prancis ini adalah pembalap seangkatan Verstappen dan mereka berdua berkompetisi bersama sejak era gokart. Ia juga sempat berpasangan di tim RBR pada 2019.

"Saya tak terkejut dengan semua yang sudah dan akan dicapai Max. Sejak di gokart sudah tampak talentanya yang sangat berbeda dengan yang lain. Sangat detil dan fokus menyiapkan diri. Itu terbukti dengan cara ia mencapai F1 dan meraih segalanya," ucap Gasly menyinggung karir F1 Verstappen yang dimulai dari usia 17 tahun dan mencetak berbagai rekor katagori termuda sepanjang sejarah F1. (rn)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo