mobilinanews

MotoGP 2023 San Marino: Bezzecchi dan Marini Menjepit Martin, Bagnaia Belum On Fire

Jum'at, 08/09/2023 20:29 WIB
MotoGP 2023 San Marino: Bezzecchi dan Marini Menjepit Martin, Bagnaia Belum On Fire
Marco Bezzecchi (Italia/VR46 Ducati), target memepet Jorge Martin di 3 Besar klasemen sementara 2023. (Foto: ist)

mobilinanews (San Marino) - Dua pembalap didikan Valentino Rossi yang lahir dan besar di sekitar Sirkuit Misano, menjadi bintang hari pertama GP San Marino, Jumat (8/9).

Mereka adalah joki tim VR46 Ducati Luca Marini dan Marco Bezzechi, alumnus VR46 Riders Academy milik Rossi yang markas besarnya di Tavuilla hanya 13 km dari sirkuit Misano. Marini menyudahi sesi FP1 dengan status tercepat kedua sedangkan Bezzecchi di urutan 4.

Itu menarik karena yang tercepat justru tester abadi Ducati, Michelle Pirro, yang mendapat wild card di San Marino. Ia membesut Desmosedici GP23 tetapi menggunakan racing suit tim Aruba.it di WSBK.

Marini hanya terpaut 0,115 detik dari Pirro. Sedangkan Bezzecchi tertinggal hanya 0,066 detik dari Marini. Di tengah mereka ada Jorge Martin (Pramac Ducati) di tercepat ketiga dengan gap 0,024 detik dengan Bezzecchi.

Satu alumnus VR46 Academy lainnya, Francesco Bagnaia (tim pabrikan Ducati), rupanya belum on fire pada hari pertama. Masih terbayang kecelakaan horor di GP Catalunya pekan lalu. Apalagi, meski lolos tes medis, ternyata kaki kanannya masih terasa ngilu saat berada di atas GP23.

Mengacu pada hasil FP1 maka penantian penting sesi berikutnya adalah duel antara Martin dan Bezzecchi. Pembalap Spanyol dan Italia ini berada di grup 3 Besar klasemen sementara MotoGP dan masih bersaing dengan Bagnaia dalam perebutan gelar.

Keduanya sudah bertekad menjadi juara di Misano, dengan atau tanpa Bagnaia yang bisa jadi belum kembali ke performa aalinya. Terlebih Bezzecchi sebagai anak Misano.

"Saat kecil ayah selalu mengajak saya saat MotoGP di sini, duduk di atas rumput. Kini saya balapan di sini dengan banyak fans menggunakan T-shirt #72. Bukan hal mudah tapi saya mempersiapkan diri untuk memenangkan balapan. Kondisi fisik sudah pulih 100%," kata pembalap bernomor 72 itu, yang terlibat dalam kecelakaan beruntun di Catalunya dan keseleo pada jari jempolnya.

Hal sama diapungkan Marini. Bersama Bezzecchi bertekad membawa hasil terbaik di Misano, di depan penonton lokal yang sepenuhnya mendukung para joki didikan Rossi.

Penampilan Pirro juga menarik perhatian karena bersamaan dengan kehadiran para tester ternama lainnya, Dani Pedrosa (KTM) dan Stefan Bradl (Honda). Pirro dan Pedrosa bahkan sempat saling sodok catatan waktu terbaik, sebelum akhirnya Pirro bukukan fastest lap.

Malam ini dalam sesi Practice akan ditentukan 10 pembalap teratas yang lolos otomatis ke tahap Q2 untuk perebutan pole position. Dan, Martin sepertinya masih akan dikeroyok para pembalap alumnus kampus Tavuilla. (rn)

 

.

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo