mobilinanews

Danau Toba Rally 2023 : Makin Banyak Mobil Spec Rally2, Bintang "Bocah Ajaib" Barlean Fokus Bidik Juara M2

Kamis, 21/09/2023 20:38 WIB
Danau Toba Rally 2023 : Makin Banyak Mobil Spec Rally2, Bintang "Bocah Ajaib" Barlean Fokus Bidik Juara M2
Perally belia Bintang Barlean dan co-driver Anondo Eko dari BART Motorsport, strategi lebih fokus di kelas M2 ajang Danau Toba Rally 2023 berlangsung akhir pekan ini.

mobilinanews (Toba) - Meski pada seri pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2023 pada 24-25 Juni lalu mampu mengimbangi para perally M1 dengan sempat menempati P3 dan P2 Overall, Bintang Barlean kali ini lebih realistis.

Perally 18 tahun asal kota Batam, Kepulauan Riau ini memutuskan akan menerapkan strategi dengan fokus mengejar juara di kelas M2.

"Strategi untuk sekarang hanya mengejar juara di kelas. Jadi sudah nggak lagi memaksa mobil untuk mngejar M1 seperti sebelumnya," ujar Bintang Barlean kepada mobilinanews.

Bintang Barlean pilih low profile dengan bilang hanya fokus kelas M2 

Perally yang juga mahasiswa Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Jakarta ini tidak menjelaskan lebih detil alasannya.

Namun bisa diduga lantaran persaingan di kelas M1 kian ketat dengan hadirnya mobil-mobil baru dengan spec Rally2. Teranyar, Sean Gelael pun mengganti Citroen C3 R5 dengan Hyundai i20 N Rally2.

Selain itu, lintasan bakal dipakai untuk rally juga berstatus APRC Asia Cup 2023 round 5 ini pada sebagiannya, terutama di Naek Auli, menjadi cukup berat, becek dan berlumpur akibat guyuran hujan sehingga diputuskan memotong jarak SS (Special Stage) menjadi lebih pendek.

Bintang Barlean dan Anondo Eko, duet solid 

Terkait hadirnya mobil Ford Fiesta Rally3 yang digeber perally Musa Arjiansyah (putra Ijeck) dan Aldio Oekon di kelas M2, tidak membuat juara nasional bertahan kelas M2 tahun 2022 yang mengandalkan Subaru N14 - termasuk mobil uzur berusia 15 tahun -  ini tak gentar.

"Setiap orang yang balap saat di trek, saya anggap semua sebagai kompetitor. Jadi untuk di kelas M2,  dengan adanya mobil spec Rally 3 tentu menjadi penantang yang hebat buat saya," sebut Bintang, perally andalan BART Motorsport ini.

Sejurus kemudian, perally belia yang mendapat julukan "bocah ajaib dari Batam" ini hanya akan berusaha do the best pada setiap SS yang dijalani pada Sabtu dan Minggu (23-24/9/2023) akhir pekan ini.

Co-driver Anondo Eko mewakili Bintang pada sesi Preskon di Samosir Resort, Kamis (21/9/2023)

"Jadi saya hanya akan melakukan yang terbaik dan mari kita lihat hasilnya, old tech vs new tech," ucap Bintang, putra offroader kawakan asal Batam, Frans Barlean. 

Sementara itu, Anondo Eko selaku co-driver Bintang Barlean yang mengikuti preskon APRC Asia Cup di  Marianna Resort n Convention Samosir, Kamis (21/9/2023) menyebutkan bahwa ia bersama Bintang akan berusaha terbaik.

"Paling tidak, tetap di top 5 kejuaraan umum dan bisa kembali P1 di kelas M2 seperti yang kami hasilkan di seri 1 Kejurnas Danau Toba Rally rd 1 pada 25 Juni lalu dan seri 2 Kejurnas South Borneo Rally, 6 Agustus lalu," pungkas Anondo Eko. 

Subaru N14 andalan Bintang Barlean di ajang rally nasional

Sementara itu seorang mantan perally kawakan menyebutkan bahwa Bintang Barlean, kalau urusan nyetir mobil tidak ada yang perlu diragukan.

"Terus terang, saya menjagokan Bintang di Danau Toba Rally ini. Moga moga tak ada gangguan pada durability mobilnya, yang relatif sudah tua," ujar Deddy Madradi, mantan perally. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo