mobilinanews

Berkat Soebronto Laras, Ria Sungkar Batal Pulang Naik Bus Saat Berselisih Dengan Helmy Sungkar di Time Rally

Jum'at, 22/09/2023 01:08 WIB
Berkat Soebronto Laras, Ria Sungkar Batal Pulang Naik Bus Saat Berselisih Dengan Helmy Sungkar di Time Rally
Soebronto Laras difoto selfie Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna bersama Ria Sungkar (kanan) dan Vina Panduwinata saat bukber 2023 di Balai Sarwono Kemang Jaksel

mobilinanews (Jakarta) - Kepergian Soebronto Laras (79 tahun) menghadap Sang Illahi pada Rabu (20/9/2023) malam kemarin menjadi hari kehilangan para saudara, rekan dan sahabatnya.

"Kita, terutama aku sangat kehilangan beliau. Pak Bronto sudah seperti bapak, kakak, sahabat dan musuh dalam perlombaan time rally," buka Ria Sungkar, perally wanita 3 zaman kepada mobilinanews.

Menurut ibu dari perally Rifat Sungkar dan istri mendiang Helmy Sungkar ini, terlalu banyak kesan dan kebaikan Pak Bronto.

"Bukan hanya dalam motorsport (dunia balap) saja, mas Yonto sudah seperti bapak, terkadang sebagai sahabat serta kakak," tutur Ria Sungkar.

"Begitu juga kedekatan kami dengan almarhumah Ibu Emmy (istri Soebronto Laras). Mereka berdua sudah seperti bagian dari keluarga kami," lanjutnya. 

Sekilas Cerita

Ria Sungkar pun menerangkan sekilas cerita terkait persaingan dengan Pak Broto saat berlangsung Jawa Bali Rally 1981, selama 7 hari dari Jakarta -  Bali - Jakarta.

"Saat hari ke 4  tiba di Bali, kami berada di posisi 2, di mana Poedio bersaudara memimpin di posisi 1. Nah, Pak Bronto dan navigator Anthony Budi posisinya agak jauh di belakang," cerita Ria Sungkar. 

Saat start malam hari menjalankan etape Bali - Jakarta, tiba-tiba mas Yonto (panggilan Pak Bronto) sudah berada di samping mobil untuk menyusul kami (Ria dan Helmy Sungkar) dan sempat bertanya.

"Apa benar kecepatan mobil harus 310 km/ jam?Ternyata sang navigator Anthony Budi, yang salah menghitung. Yang seharusnya hanya 31 km/jam," ungkap Ria.

Akibatnya Pak Yonto mendapat penalti hukuman banyak dan posisinya semakin jauh di belakang. 

"Kami finish lebih dulu di Malang. Namun di finish, saya bertengkar dengan Helmy masalah route dan perhitungan soal rally, yang akhirnya saya putuskan untuk pulang naik bus ke Jakarta," urai Ria Sungkar.

"Karena mas Yonto peserta di belakang dan baru mau menuju ke tempat finish, beliau melihat saya membawa koper naik becak ke arah terminal."

"Saat itu, beliau langsung berhenti, dan mengejar saya dan dinasehati untuk meneruskan rally sampai finish di Jakarta," imbuh Ria Sungkar.

"Alhamdulillah, saya mendengarkan nasihat dan permintaan beliau. Dan setiba di Jakarta, finish, kami akhirnya berhasil menjadi Juara 1 Jawa Bali Rally 1981," ungkap Ria Sungkar.

Kedekatan dan hubungan baik keluarga Helmy Sungkar dengan Soebronto Laras, salah satunya dengan beliau bersedia menjadi WALI NIKAH atas pernikahan Fira & Fandi, adiknya Rifat beberapa tahun lalu. (budsan)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo