mobilinanews

F1 2023 Qatar: Start P1, Max Verstappen Bisa Kunci Gelar Juara Dunia, Syaratnya Hanya P6 di Sprint Race

Sabtu, 07/10/2023 01:08 WIB
F1 2023 Qatar: Start P1, Max Verstappen Bisa Kunci Gelar Juara Dunia, Syaratnya Hanya P6 di Sprint Race
Max Verstappen, hanya butuh finish P6 di sesi Sprint Race GP Qatar hari ini. (Foto: f1)

mobilinanews (Qatar) - Unggul 177 poin di klasemen sementara membuat Max Verstappen berkesempatan cetak rekor sebagai pembalap pertama yang memastikan gelar juara dunia pada sesi sprint race.

Peluang terpampang pada Sprint Race GP Qatar di Sirkuit Losail, Sabtu (7/10) malam ini waktu Qatar. 

Syaratnya relatif mudah jika mengacu pada dominasi pembalap Red Bull Racing (RBR) itu sepanjang musim.

Ia hanya perlu meraih 3 poin tambahan untuk memastikan gelar 2023, gelar dunia ketiga driver Belanda itu setelah 2021 dan 2022.

Untuk dapatkan 3 poin itu Verstappen hanya perlu finish P6 pada sesi Sprint Race, terlepas dari apa pun hasil finish rekan setimnya, Sergio Perez.

Dengan total poin 403 maka Perez tak bisa mengejar meski memborong gelar juara 6 seri grand prix selanjutnya, termasuk main race Qatar dan dua sesi Sprint Race di AS dan Brasil.

Kalaupun Verstappen gagal finish poin (8 Besar) di sesi sprint, ia tetap juara dunia 2023 jika Perez gagal finish 4 Besar.

Pembalap Meksiko itu hanya bisa menunda gelar Verstappen jika ia juara sprint atau runner up sementara Verstappen finish 7 atau 8.

Melihat hasil FP1 selama 60 menit, satu-satunya sesi latihan GP Qatar dimana ia tercepat, plus hasil kualifikasi P1 alias pole position maka peluang Verstappen tentu semakin besar untuk meraih 3 poin penentuan itu. Dua sesi awal dilalui dengan status tercepat.

Menyikapi peluang manis itu Verstappen mengaku tak terlalu memikirkannya. Yang ia pikirkan hanya mempersiapkan diri dan setelan mobil dengan baik, menikmati balapan dan fight menjadi juara.

"Saya tak pernah memikirkan kapan dan dimana memastikan gelar. Itu tak penting. Tapi, jika meraihnya dalam sesi sprint race dan sisa 6 main race, itu tentu sebuah hal istimewa bagi kami. Itu bukti kekuatan kami secara tim," katanya.

Ya, syaratnya sangat mudah. Tapi, namanya balapan apa saja bisa terjadi. Sulit diprediksi, apalagi di Sirkuit Lusail yang licin karena pasir gurun dibawa angin ke lintasan.

Jadi, kalau bukan Perez, maka angin juga punya kans untuk menunda kepastian gelar juara dunia 2023 jika apes menimpa Verstappen.

Jika itu terjadi maka ia harus menanti hanya sehari hingga main race GP Qatar pada Minggu (7/10). (rn)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo