mobilinanews

World Rally Championship 2024 Tetap 13 Round di 4 Benua, Ada 2 Negara Tuan Rumah Baru

Rabu, 25/10/2023 00:03 WIB
World Rally Championship 2024 Tetap 13 Round di 4 Benua, Ada 2 Negara Tuan Rumah Baru
Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) di WRC 2024 bakal bersaing lagi dengan Ott Tanak. (Foto: fia)

mobilinanews (Swiss) - Dari markas besarnya di Geneva, Swiss, FIA World Motor Sport Council merilis kalender serial WRC 2024. Ada beberapa perubahan, antara lain debutan penyelenggara.

Dari seluruh ronde kejuaraan dunia reli mobil itu, 4 di antaranya berlangsung di trek aspal, 1 di atas salju dan sisanya gravel.

Seperti biasanya mayoritas negara tuan rumah adalah negara-negara Eropa. Hanya 3 yang berlangsung di benua lain, yakni Rally Safari, Kenya (Afrika), Chile (Amerika) dan Jepang (Asia).

Bedanya, tahun depan seri Safari dihelat pada Maret sebagai round 3, dari biasanya pada bulan Juni. Slot itu diambil untuk menggantikan Rally Meksiko yang out pada musim 2024.

Sementara jatah yang ditinggal Safari pada Juni diisi oleh Rally Polandia yamg baru masuk ajang WRC lagi setelah sekian tahun absen. Negara ini sebenarnya `orang lama` karena seri WRC tertua di dunia setelah Monte Carlo. Hanya saja sejak 2018 mereka hanya menggelar seri Kejuaraan Rally Eropa.

Yang benar-benar pendatang baru adalah  Rally Latvia yang menjadi debutan 2024. Masuk ke seri dunia setelah sejak 2013 rutin menggelar seri kejuaraan Eropa. Latvia menggantikan Rally Estonia yang tahun depan dicoret FIA.

"Musim depan lebih bervariasi. Kami siap menyambut kejuaraan yang lebih semarak berikut fans baru di beberapa negara," sebut FIA Road Sport Director Andrew Wheatley melalui rilis resmi FIA.

Satu hal lagi, persaingan kompetisi tahun depan diprediksi semakin keras antara Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) dengan Hyundai, tak lain karena kembalinya Ott Tanak ke Hyundai. (rn)

Jadwal WRC 2024 :

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo