mobilinanews

Bamsoet (Ketum IMI Pusat) : Membanggakan, 30 Unit Lebih Mobil WRC Rally2 di Indonesia, Terbanyak Di Asia

Jum'at, 24/11/2023 19:08 WIB
Bamsoet (Ketum IMI Pusat) : Membanggakan, 30 Unit Lebih Mobil WRC Rally2 di Indonesia, Terbanyak Di Asia
Bamsoet saat melepas start Sean Gelael sebagai perally pertama pada Ceremonial Start di kawasan Kaldera Nomadic Toba, Sumatra Utara hari ini

mobilinanews (Toba) - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang "Bamsoet" Soesatyo membuka Grand Final Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 dan Kejurnas Danau Toba Rally 2023 seri ke-4 di Kaldera Nomadic Toba, Sumatra Utara hari ini.

Kejuaraan Danau Toba Rally - Grand Final APRC 2023 yang dilangsungkan 24-26 November 2023 ini akan menentukan juara reli Asia Pasifik dan juara nasional untuk tahun ini.

"Danau Toba Rally seri ke-4 sekaligus APRC Grand Final 2023 diikuti 67 peserta, di mana 52 perally mengikuti Kejurnas rally, dan 17 perally mengikuti APRC. Selain dari Indonesia, perally dan co-driver datang dari Selandia Baru, India, Thailand, Australia, Brazil dan Portugal," ujar Bamsoet saat membuka Danau Toba Rally - Grand Final APRC 2023, Jumat (24/11/2023).

Hadir Pengurus IMI Pusat antara lain Dewan Pembina Yorrys Raweyai, Wakil Ketua Umum Ananda Mikola, Waketum Rifat Sungkar, Waketum Tengku Irvan Bahran, Waketum Junaidi Elvis, Bendum Iwan One, Hubungan Antar Lembaga Erwin MP serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho. 

Turut hadir PJ Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, Pembina IMI Sumut Musa Rajekhsah dan Ketua IMI Sumatra Utara Harun M Nasution.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, total ada 12 spesial stage (SS) yang harus diikuti para perally selama tiga hari.

Rally akan dilangsungkan di beberapa lokasi sekitar Danau Toba, seperti Kaldera, Tobasari, Gorbus, Negeri Dolok dan Huta Tonga yang sebagian besar di areal perkebunan PT Toba Pulp Lestari sektor Aek Nauli. 

Kendaraan rally yang digunakan para perally juga sangat beragam dan spec WRC 2 (Rally2). Seperti Hyundai i20 N Rally2 yang diantaranya dikemudikan Sean Gelael/Hugo Magalhaes; Ricardo Gelael/Gabriel Morales; H Rahmat/Hade Mboi, H Rihans Variza/Anthony Sarwono dan Alinka Hardanti/Yudi Herwanto.

Lalu, Toyota C-HR AP4 dikemudikan Mike Young/Amy Hudson dari Selandia Baru, sedangkan Mana Pornsiricherd/Thanyaphat Meenil dan Sanjay Takale/Musa Sherif keduanya dari India, menggunakan Subaru WRX.

"Mobil Skoda digunakan Rifat Sungkar/Benyamin Searcy dan Musa Rajekhsah/Hervian Soejono. Ford Fiesta Rally2 dipakai Dypo Fitra/Edwin A Nasution dan Rizal Sungkar. Serta Subaru WRX STi yang digunakan Jahaan Gill/Suraj Prasad; M. Suhem Kabeer/Srinivas Murthy dan Lokesh Venkayesh/Ashwin Naik serta Bintang Barlean/Anondo Eko," kata Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum FKPPI dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila serta Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia menuturkan, keberhasilan penyelenggaraan APRC Danau Toba 2023 akan menjadi nilai lebih bagi Indonesia, khususnya Sumatera Utara untuk kembali menyelenggarakan kejuaraan balap internasional.

Terlebih, pada 2025, salah satu seri World Rally Championship (WRC) diproyeksikan bisa digelar di Sumatra Utara.

IMI memastikan Indonesia telah melakukan sign NDA Agreement dengan WRC Promoter untuk memulai persiapan business plan dan action plan sesuai SOP FIA dan WRC Promoter.

Sehingga Indonesia bisa menjadi tuan rumah FIA World Rally Championship pada 2025, dengan lokasi penyelenggaraan di Kawasan Danau Toba Sumatra Utara.

"Penyelenggaraan WRC di Sumatra Utara nantinya akan mengembalikan kejayaan penyelenggaraan rally di Indonesia. Kejuaraan rally di Indonesia memiliki sejarah sangat panjang. Dimulai pada 1986 dengan menyelenggarakan Trans Sumatera Rally, Asia Pacific Rally pada 1989, 2000, 2019, dan 2022, serta World Rally Championship pada 1996 dan 1997," pungkas Bamsoet. (bs)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo