mobilinanews

Danau Toba Rally 2023 : Incar Juara Nasional, Ijeck Datangkan Martins Sesks Juara Rally Eropa Sebagai Mentor

Jum'at, 24/11/2023 21:08 WIB
Danau Toba Rally 2023 : Incar Juara Nasional, Ijeck Datangkan Martins Sesks Juara Rally Eropa Sebagai Mentor
Juara rally Eropa, Martins Sesks (kanan) menjadi mentor Ijeck (tengah) untuk mengeksplore keandalan Skoda Fabia. (foto : budsan)

mobilinanews (Toba) - Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 sudah dimulai hari ini, Jumat (24/11/2023). Seremoni pembukaan digelar di Kaldera Nomadic Toba dilanjutkan Super SS (Special Stage) sebagai SS1.

Pada event yang juga seri 4 Kejurnas Rally 2023 ini, perally tuan rumah Musa "Ijeck" Rajekshah mengincar gelar juara nasional.

"Saat ini, saya memang kejar-kejaran poin untuk jadi juara nasional. Strateginya apa? Ya gas saja. Saya berharap bisa meraih gelar juara nasional tahun ini," ujar Ijeck pada sesi preskon di Kaldera Toba.

Ijeck dengan co-driver Ian Soejono saat ceremony start

Diakui perally andalan Bla Bla Bla Motorsport itu, tidaklah mudah untuk mewujudkan menjadi juara nasional namun juga bukan tidak mungkin. Termasuk dia mempertanyakan beberapa perally senior yang tiba-tiba ikutan di seri 4 ini.

"Terus terang, membuat saya penasaran. Teman-teman perally yang tidak turun di seri 1 hingga 3, tapi ikutan dan bersiap secara serius di seri 4 ini. Ada apa ini? Mudah-mudahan bukan untuk mengganjal sekaligus memuluskan perally lain untuk meraih gelar juara," kata Ijeck kalem namun tegas.   

Makanya, Ijeck yang Ketua DPD Golkar Sumatra Utara dan mantan Wagubsu ini berharap pada rally ini bisa mendapat poin maksimal. "Mudah-mudahan, aman semua," sambung Ijeck yang menjuarai KFC Danau Toba Rally (seri 1 kejurnas Rally), 25 Juni lalu.

Ijeck (pegang mikrofon), pada sesi official preskon Danau Toba Rally di Kaldera 

Guna mewujudkan obsesinya itu, Ijeck mendatangkan Martins Sesks perally juara Eropa asal Latvia menjadi mentornya. Sudah seminggu ini, Martins yang juga menggunakan Skoda Fabia di Kejuaraan Rally Eropa, berada di Sumatra Utara. Martins, 24 tahu, perally Team MRF Tyres.

"Ternyata, banyak yang masih bisa dieksplorasi dari Skoda Fabia. Pertama, Martins yang menyetir Skoda, saya duduk sebagai co-driver. Setelah diberi tahu cara nyetir agar lebih laju, ganti saya duduk sebagai driver. Dari situ, ternyata Skoda bisa digas lebih poll dan tidak ada yang perlu dikuatirkan," terang Ijeck.

Memang pada Super SS Kaldera sepanjang 2,07 km hari ini (merupakan SS1), Ijeck masih bertengger pada urutan 5 di belakang Subhan Aksa, Rifat Sungkar, Ryan Nirwan dan H Rahmat masing-masing tercepat 1 sampai 4. Namun beda waktunya sangat tipis.

Skoda Fabia yang dikemudikan Ijeck belum panas di Super SS Kaldera 

Dan, pertarungan yang sesungguhnya memang akan berlangsung pada Sabtu (25/11/2023) melombakan 6 SS di Tobasari, Gorbus, Huta Tonga dan Negeri Dolok dengan lintasan menantang.

Serta, 5 SS pada Minggu (26/11/2023) di lintasan sama namun dengan sistem reverse (start dan finishnya di balik). 

Jika begitu, mari kita lihat keseruan 11 SS pada Danau Toba Kejurnas Rally seri 4 sekaligus APRC Grand Final 2023 ya gaess. (budsan)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo