mobilinanews

F1 2024 : Ingin Dominan Pada 24 Round Balapan Musim Depan, Max Verstappen Layangkan Tuntutan Ini ke Red Bull Racing!

Minggu, 03/12/2023 23:44 WIB
F1 2024 : Ingin Dominan Pada 24 Round Balapan Musim Depan, Max Verstappen Layangkan Tuntutan Ini ke Red Bull Racing!
Max Verstappen (Belanda/Red Bull). (Foto: racingnews)

mobilinanews (Inggris) - Max Verstappen sangat dominan di musim 2023 dengan torehan berbagai rekor baru. Tapi, juara dunia 3 kali itu sepertinya belum merasa puas. Ia ungkap kelemahan RB19 yang harus diperbaiki.

RB19 menghasilkan 21 kemenangan dari 22 race sepanjang musim kompetisi 2023. Satu-satunya yang lepas adalah GP Singapura, menjadi milik Carlos Sainz (Ferrari). Dua race lain dipetik Sergio Perez di GP Arab Saudi dan Azerbaijan.

Azerbaijan dan Singapura adalah sirkuit dalam kota dengan banyak tikungan lambat yang kudu ditransfer dengan kecepatan rendah (lowongan speed). Pada sirkuit jalan raya lainnya macam Miami dan Las Vegas, pembalap Belanda itu mengaku kesulitan sepanjang race meski pada akhirnya finish P1.

"Sangat jelas, area tersebut adalah kelemahan mendasar RB19. Secara umum performa saya acap terkendala di sirkuit dalam kota," kata Verstappen menyebut kelemahan mobil 2023-nya.

Ia lantas menuntut Red Bull Racing untuk membenahi sektor itu pada edisi RB20 yang digunakan pada musim 2024. 

Motivasi Verstappen yang memang ambisius sangat jelas. Yakni meneruskan dominasi di kancah F1 meski tahun ini sudah benar-benar dominan. Seolah tak puas dengan tambahan rekor baru yang ia petik tahun ini, seperti 19 kemenangan dan total poin 575 yang baru sekali terjadi dalam sejarah F1.

Poin sebesar 575 itu malah jauh lebih besar dari perolehan duet Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell dengan nilai hanya 409 di kejuaraan dunia konstruktor.

Ia sendirian, tanpa bantuan poin dari Perez sebagai rekan setim, masih unggul 166 poin atas Mercedes. Wajar kalau Verstappen bicara terkesan sombong dan meremehkan peran Perez dalam tim. Dan, faktanya memang seperti itu.

"Saya bisa sendirian mampu memenangkan kejuaraan konstruktor. Tak perlu pembalap pendamping," tukasnya.

Saat ini Verstappen dan pembalap lain tengah libur kompetisi. Tapi, tim teknik Red Bull Racing justru tengah kencang-kencangnya menyiapkan RB20. Tentu saja salah satu yang kudu mereka perhatikan adalah tuntutan Verstappen untuk membenahi area low speed.

Musim 2024 nanti serial F1 berlangsung dalam 24 race. Jika tim sanggup memenuhi keinginan Verstappen maka bisa jadi RB20 bakal sangat menakutkan. Pertanyaannya, berapa seri atau rekor apalagi yang akan dicetak Verstappen? (rn)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo