mobilinanews

Daffa AB dan Dicko Juara Endurance Porsche Sprint Challenge Indonesia di Sirkuit Mandalika, Strategi Jitu Ini Yang Diterapkan

Senin, 11/12/2023 15:08 WIB
Daffa AB dan Dicko Juara Endurance Porsche Sprint Challenge Indonesia di Sirkuit Mandalika, Strategi Jitu Ini Yang Diterapkan
Daffa AB dan Dicko Prasetyo Juara Endurance Porsche Sprint Challenge Indonesia, Ternyata Strategi Ini Yang Diterapkan

mobilinanews (Lombok) - Setelah sehari sebelumnya Rio SB mencetak kemenangan untuk Sprint Race kejuaraan Porsche Sprint Challenge Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, Sabtu (9/12/2023).

Daffa dan Dikco (tengah) di podium juara

Giliran Daffa AB, sang adik yang bertandem dengan Dicko Prasetyo dari Rizqy Motorsport menjuara kelas Endurance yang berdurasi 45 menit.

Luar biasa, karena Daffa adalah sangat berbakat tapi masih berusia 16 tahun. Namun, ternyata Daffa dan juga Dicko berhasil mengalahkan para pembalap yang usianya jauh di atas mereka.

Lalu bagaimana strategi yang diterapkan duet pembalap Rizqy Motorsport mampu mengatasi kelas Endurance (balap ketahanan) yang tidak pernah dilakukan sebelumnya?

Dari kanan ke kiri: Daffa AB, sang mama, Rio SB dan Nadine (istri Rio SB), berkat support dan doa wanita tersayang

"Mengarungi balap ketahanan selama 45 menit hal yang tidak mudah, dengan 2 pembalap yang tentu karakternya berbeda. Dan, alhamdulillah, strategi tim yang kita ambil sudah tepat," ujar Rio SB, pentolan Riqzy Motorsport kepada mobilinanews.

Pertama, Rio menentukan Daffa sebagai pembalap untuk start awal. "Tujuannya, menghindari adanya fight di awal. Pertimbangan lain, pace Daffa bagus. Daffa di awal sebisa mungkin bikin gap dan untuk driver finishing hingga akhir oleh Dikco," terang Rio SB. 

Daffa AB (tengah) bersama juara 2 dan 3 kelas Endurance

Untuk start awal karena menghindari adanya fight diawal, berhubung pacenya daffa bagus jd kita memutuskan daffa diawal untuk sebisa mungkin bikin gap & untuk driver finishing hingga akhir di eksekusi oleh dikco.

"Jadi, untuk window change driver itu pertarungannya akan dibuka setelah balapan berjalan menit ke 15 dan close pada menit ke 25. Sementara kita di menit ke-21, baru mengeluarkan pitboard pada saat Daffa melintasi straight track (di sirkuit Mandalika)," lanjut Rio.

Squad Rizqy Motorsport, debut gemilang di Porsche Sprint Challenge Indonesia di sirkuit Mandalika

"Dan, ternyata pas banget sesuai stopwatch hitung mundur yang ditargetkan di menit ke-25, alarm nyala driver sudah bertukar posisi dan sudah boleh dilepas," imbuh Rio, tak lain kakak kandung Daffa AB.

Porsche 911 GT3 tim Risqy Motorsport memimpin balapan di sirkuit Mandalika

Untuk peraturan kelas Endurance ini, minimal 2 menit mesti di pitbox untuk change driver. Sementara kalau balapannya sendiri (tanpa tandem) wajib masuk pit stop berhenti minimal selama 2 menit.

Rio SB, juara kelas Sprint Race hari Sabtu

Keberhasilan Rio SB, Daffa AB serta Dikco Prasetyo di seri pembuka Porsche Sprint Challenge Indonesia ini sekaligus menjadi deposit untuk menyongsong seri 2 dan 3 yang akan dihelat Januari 2023, oleh penyelenggara SuperSport Motorsport yang dikomandani Bagoes Hermanto. (budsan)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo