mobilinanews

F1 2024 : Ferrari Luncurkan Mobil Baru, Berubah Drastis 95% Tapi Hanya Menambah Speed Sepersekian Detik

Minggu, 17/12/2023 22:15 WIB
F1 2024 : Ferrari Luncurkan Mobil Baru, Berubah Drastis 95% Tapi Hanya Menambah Speed Sepersekian Detik
Ferrari 2024 terus berbenah di Sirkuit Fiorano, Italia sebelum launching jelang kompetisi 2024. (Foto: therace)

mobilinanews (Italia) - Ferrari akan jadi tim pertama yang me-launching mobil kompetisi F1 2024 pada 13 Februari 2024. Berubah 95% dibandingkan SF23.

SF23 satu-satunya mobil yang menggagalkan Red Bull Racing memborong semua seri lomba 2023 yang terdiri dari 22 round. RB19 besutan Max Verstappen dan Sergio Perez sukses mendapuk gelar juara di 21 race. Hanya GP Singapura yang lari ke tim The Prancing Horse lewat Carlos Sainz Jr.

Tapi, itu bukan keberhasilan yang bisa dibanggakan Team Principal Fred Vasseur pada musim pertamanya di Ferrari. Apalagi, posisi Ferrari di klasemen konstruktor turun ke P3 dari P2 tahun lalu. Di bawah Red Bull dan Mercedes.

Vasseur dalam sebuah pertemuan dengan media di Maranello, Italia, yang jadi pusat operasional Scuderia Ferrari, menyebut mobil 2024 mereka menggunakan 95% komponen baru. Hanya 5% part SF23 yang dibawa.

"Terserah Anda untuk menyebut itu langkah revolusioner atau tidak. Saya tak anggap remeh langkah ini karena pembalap kami  sepenuhnya turut dalam pengembangan ini dan kami hanya fokus pada diri sendiri," kata Vasseur, mantan bos tim Sauber dan Alfa Romeo sebelum menangani Ferrari sejak awal musim 2023.

Kode besutan baru untuk duet pembalap Charles Leclerc dan Carlos Sainz itu belum ditetapkan, apakah jadi SF24 atau nama lain. Yang pasti, spek baru ini akan jalani tes khusus di Sirkuit milik Ferrari, Fiorano, sebelum acara launching di sirkuit yang sama.

"Harapannya adalah performa yang lebih baik dari SF23. Sebuah tahap peningkatan meski hanya pada sepersekian detik, antara 0,1 sampai 0,2 detik."

Vasseur yakin dengan langkah pengembangan yang dibangun Ferrari saat ini. Namun, pada akhirnya akan butuh perbandingan mobil baru itu dengan tim rival dan itu hanya akan terlihat saat winter testing 2024 nanti di Bahrain.

"Anda bisa meningkat dengan nilai 100. Tapi, jika tim lain meningkat 120 maka Anda akan terlihat bodoh. Jika tim lain 80 maka Anda tampak seperti pahlawan. Karena itu  yang paling penting pada saat ini adalah terus mengembangkan diri sendiri, terus bergerak dan sepenuhnya melibatkan pembalap dalam prosesnya. Apakah langkah itu benar akan terlihat saat tes," imbuhnya.

Ferrari masuk musim 2024 tentu dengan target mendekati atau jika bisa menyaingi Red Bull Racing di zona perebutan gelar. Jika mengacu pada data 2023 maka penambahan kecepatan mobil pada 0,2 detik per lap sudah bisa berharap fight secara reguler.

Tapi itu pun bergantung pada performa RB20 nantinya, apakah masih sedahsyat atau bahkan mungkin lebih dahsyat dari RB19.

Dan, jangan lupa bahwa tim lain macam Merceďes, McLaren, dan Aston Martin juga punya obsesi sama, yakni merapat pada catatan waktu Red Bull. Nantinya bisa saja ketiga tim itulah musuh utama Ferrari sebelum benar-benar bisa mendekati Red Bull punya mobil. (rnp)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo