mobilinanews

Respons Skandal Uji Keselamatan Daihatsu, Kemendag : Mobil Buatan Lokal Dipastikan Aman

Jum'at, 05/01/2024 00:18 WIB
Respons Skandal Uji Keselamatan Daihatsu, Kemendag : Mobil Buatan Lokal Dipastikan Aman
Daihatsu Terios (Foto: Daihatsu).

mobilinanews (Jakarta) - Kementerian Perdagangan memastikan bahwa skandal uji keselamatan Daihatsu tidak akan berdampak pada industri otomotif dalam negeri.

Hal ini dikarenakan mobil Daihatsu yang diproduksi di Indonesia tidak terlibat dalam skandal tersebut dan telah berhasil lolos uji kendaraan bermotor.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Moga Simatupang, menyatakan bahwa PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah menerima klarifikasi dari induk perusahaan mereka di Jepang.

Skandal ini melibatkan dua merek mobil Daihatsu, yaitu Mobil Hybrid Daihatsu Rocky e-Smart dan varian Toyota Raize.

"Mobil-mobil tersebut tidak diproduksi di Indonesia, dan mobil Daihatsu yang diproduksi di Indonesia sudah memenuhi standar uji kendaraan bermotor sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 33 Tahun 2018," ujar Moga dalam konferensi pers di kantor Kemendag, Kamis (4/1).

Informasi tambahan, sejumlah mobil merek Toyota yang beredar di Indonesia diproduksi oleh ADM dan kemudian dirilis ulang dengan merek Toyota, seperti Agya, Calya, Raize, Rush, dan Avanza.

Daihatsu Jepang sebelumnya mengakui manipulasi data sekitar 88 ribu kasus dalam uji keselamatan, yang merupakan syarat untuk izin penjualan pada pertengahan 2023.

Data yang dimanipulasi terkait dengan keamanan pintu bagian depan. Meski sebagian besar mobil terkait skandal ini menggunakan merek Toyota, Daihatsu Indonesia tidak terpengaruh.

Menyikapi hal ini, saham Toyota turun 4% di bursa saham Tokyo. Sebagai respons, perusahaan otomotif Jepang tersebut berkomitmen untuk melakukan restrukturisasi pada anak usahanya tersebut, mengakui perlunya reformasi mendasar untuk memulihkan Daihatsu.

Executive Officer Corporate Function Directorate ADM, Johan, menyatakan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi dan dipasarkan di dalam negeri tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan.

Ia menegaskan bahwa produk Daihatsu di Indonesia tidak terkait dengan skandal uji keselamatan di Jepang.

"Semua produk Daihatsu telah memenuhi syarat teknis keselamatan dan keamanan sesuai standar di Indonesia. Produk yang diisukan terkait skandal dapat dipastikan tidak beredar di Indonesia," ujar Johan.

ADM telah berhasil memasarkan mobil Daihatsu produksi dalam negeri ke pasar global sejak 26 Desember 2023, dengan mobil-mobil tersebut tersebar di lebih dari 60 negara yang telah mendapatkan persetujuan dari otoritas negara tujuan. (krm)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo