mobilinanews

Launching Tim F1 2024: Red Bull Mendapat Jadwal Terakhir, Mercedes dan Ferrari Bikin Penasaran Nih

Jum'at, 19/01/2024 00:38 WIB
Launching Tim F1 2024: Red Bull Mendapat Jadwal Terakhir, Mercedes dan Ferrari Bikin Penasaran Nih
Konsep Mercedes W15 yang sempat bocor ke media. (Foto: behance)

mobilinanews (Inggris) - Dua pekan pertama Februari nanti disibukkan oleh launching tim F1 memperkenalkan mobil kompetisi masing-masing sebelum mengaspal resmi dalam tes pra musim di Bahrain.

Williams dan Stake F1 (nama baru Sauber/Alfa Romeo) menjadi tim pertama yang meluncurkan mobil barunya, pada 5 Februari 2024. Disusul Alpine (7/2), Aston Martin (12/2), Ferrari (13/2), Mercedes dan McLaren (14/2) dan Red Bull Racing pada 15 Februari.

Dari 10 tim F1 tinggal AlphaTauri dan Haas yang belum menetapkan jadwal peluncuran besutan barunya.

Tak ada perubahan regulasi teknis untuk musim 2024. Karena itu RB20 besutan duet Max Verstappen dan Sergio Perez ditengarai tak banyak berubah dari konsep RB19 yang merajai musim 2023 dengan 21 kemenangan dari 22 race.

Beda dengan Ferrari dan Mercedes yang pol-polan mempersiapkan diri untuk menghadang dominasi Red Bull yang menghasilkan hattrick juara dunia 2021, 2022 dan 2023 lewat Verstappen.

Ferrari kini datang dengan besutan yang 95% berbeda dengan SF23 tahun lalu. Yang menarik, ini adalah karya perdana Fred Vasseur sejak didapuk menjadi Team Principal Ferrari pada akhir musim 2022. 

Seperti apa performanya baru akan bisa terbaca pada sesi tes pra musim Bahrain, 21-23 Februari. Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr terlibat aktif dan intensif dalam pengembangannya.

Tak kalah bikin penasaran adalah Mercedes, pabrikan Jerman yang dominan pada musim 2014 hingga 2020 sebelum digulung Red Bull mulai musim 2021. Mereka hadir dengan versi W15 yang diaebut-sebut dirombak total dari versi sebelumnya, W14, yang gagal total pada 2023 tanpa satu pun kemenangan.

Direktur Teknik Mercedes F1 James Allison menjamin dari aspek teknis W15 akan mampu menyaingi mobil Red Bull. Ia tak menyebut detil area mana saja yang menjadi kekuatan baru W15. Tapi, bisa diduga adalah pembenahan sektor ground effect yang tahun lalu menjadi kunci sukses RB19.

Seperti halnya McLaren, Mercedes juga pastinya banyak belajar dari konsep aerodinamika RB19 di kolong mobil, yang terkuak lewat foto-foto mobil Perez saat diangkat crane di GP Monaco.

Tak menyontek konsep tersebut, tapi ia mengakui kalau foto tersebut menjadi daya tarik para pakar aerodinamika F1 untuk ditelaah.

Disebut-sebut udara dari depan disalurkan ke belakang lewat kolong tersebut dan langsung bersinerji dengan sayap belakang. Membuat laju RB19 lebih stabil dan lebih kencang di trek lurus.

"Tinggal.bagaimana  cara Lewis (Hamilton) dan George (Russell) mengemudikan W15. Jika mereka bisa maksimalkan kelebihan W15, maka kesempatan berebut gelar dengan Red Bull sangat terbuka," janji Allison, yang diamini Toto Wolff yang baru saja perpanjang kontrak sebagai Team Principal Mercedes.

Ucapan Allison bisa jadi pegangan tak lain karena W15 sudah mulai dipersiapkan saat kompetisi 2023 masih berjalan. Beberapa komponen penting sudah diuji saat balapan.

Dan, hasilnya mulai tampak dalam beberapa race akhir musim 2023 dimana catatan waktu Hamilton mulai membaik dibandingkan sebelumnya. Ini pula yang membuat Mercedes sukses menyingkirkan Ferrari dalam persaingan berebut gelar runner up konstruktor 2023. (rn)

 

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo