mobilinanews

Menperin Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Modifikasi Otomotif, Ini Langkah yang Disarankan

Rabu, 24/01/2024 17:20 WIB
 Menperin Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Modifikasi Otomotif, Ini Langkah yang Disarankan
Menperin Agus Gumiwang beri sambutan dan dukungan terhadap industri modifikasi otomotif dalam upaya menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kreativitas dan inovasi di Jakarta Selatan.

mobilinanews (Jakarta) - Kementerian Perindustrian terus memperkuat dukungan terhadap industri modifikasi kendaraan di Indonesia dengan tujuan mendorong pertumbuhan dan perkembangan sektor ini melalui kreativitas dan inovasi.

Saat ini, industri modifikasi otomotif mengalami pertumbuhan pesat, memberikan nilai tambah signifikan, dan berdampak positif terhadap perkembangan industri komponen kendaraan aftermarket di dalam negeri, terutama di kalangan industri kecil dan menengah (IKM).

Dalam konteks ini, peluang untuk pengembangan bengkel konversi kendaraan listrik juga terbuka lebar.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengungkapkan dukungan penuh terhadap industri modifikasi otomotif dalam upaya menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kreativitas dan inovasi.

Dalam Press Conference Pre Event "Saber Great of Indonesia" di Osaka, Jepang, pada Rabu (24/1), Menteri Agus menyatakan harapannya agar semangat dan kreativitas para modifikator di Indonesia dapat menjadi pendorong utama dalam mewujudkan visi percepatan pertumbuhan industri otomotif berbasis modifikasi di tanah air.

"Saya berharap semangat dan mimpi para modifikator di Indonesia turut berperan menjadi motor dalam mewujudkan visi kita dalam mengakselerasi pertumbuhan industri otomotif berbasis modifikasi di tanah air. Tentunya upaya ini dengan mengkolaborasikan antara kreativitas dengan inovasi serta keragaman budaya bangsa Indonesia untuk menghasilkan karya-karya modifikasi yang mampu bersaing di ajang internasional," ujar Menteri Agus.

Menurut Menperin, pertumbuhan industri modifikasi otomotif berasal dari hobi, yang memiliki potensi ekonomi yang signifikan.

Oleh karena itu, penting untuk mendorong hobi ini menjadi industri tersendiri dengan memperhatikan pengembangan ekosistem, terutama yang berbasis inovasi.

"Untuk industri ini juga perlu adanya pengembangan ekosistem, khususnya yang berbasis inovasi," tambahnya.

Menteri Agus menegaskan apresiasi penuh terhadap National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang secara konsisten berkontribusi aktif dalam pengembangan industri otomotif berbasis modifikasi.

NMAA telah menyelenggarakan pameran di dalam negeri dan berpartisipasi di ajang internasional, menjadi penggerak utama dalam memajukan industri modifikasi otomotif.

"Kami juga bangga kepada pelaku industri modifikasi atau modifikator atas dedikasi dan kontribusinya yang menjadikan dunia modifikasi begitu menarik dan berkembang dengan pesat," ungkap Menteri Agus.

Dengan dukungan yang kuat dari Kementerian Perindustrian, diharapkan industri modifikasi otomotif di Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang, memberikan dampak positif bagi ekonomi, industri kecil dan menengah, serta menciptakan inovasi yang mampu bersaing di pasar internasional. (krm)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo