mobilinanews

Mengenang Dali Sofari : Legenda Rally Paris Dakar Tahun 1990 Yang Juga Hobi Menembak dan Promotor Tinju

Kamis, 01/02/2024 10:08 WIB
Mengenang Dali Sofari : Legenda Rally Paris Dakar Tahun 1990 Yang Juga Hobi Menembak dan Promotor Tinju
Kenangan Dali Sofari, Ari Vatanen, dan H. Tinton Soeprapto di ajang rally legendaris dan menantang Rally Paris-Dakar pada 1990. (foto : dok otorally)

mobilinanews (Jakarta) - Perally yang pernah merasakan ganasnya rally legendaris Paris Dakar, promotor tinju dan pengusaha HR Dali Sofari bin R Hasan Askar berpulang ke Rahmatullah, Rabu (31/1/2024) sekira pukul 22.20 WIB karena sakit. 

Dali Sofari meninggal dunia pada usia 77 tahun, disemayamkan di rumah duka Jl Kerinci 1 No.5 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Mendiang Dali Sofari dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis (1/2/2024) ba`da Dzuhur.

Dali Sofari (duduk pegang tongkat) hadiri ultah Chepot Haniwiano di Warung Solo Jeruk Purut (5/2/2023)

Salah satu prestasi sensasional yang pernah dicetak Dali Sofari adalah ketika turun di ajang rally paling legendaris dan menantang Rally Paris Dakar pada 1990. Atau sekitar 34 tahun lalu.

Saat itu, Dali Sofari tidak sendiri melainkan bertiga bersama H Tinton Soeprapto dan Richard Hendarmo, menggunakan mobil Mitsubishi Pajero.

Sayangnya, perjuangan perally pertama dan satu-satunya dari Indonesia di Rally Paris Dakar itu harus terhenti di etape 7 karena mengalami kerusakan mesin. 

Dali Sofari (kiri) pada kesempatan bertemu dengan teman pembalap jadoel

Menariknya, saat jelang start dan di servis area, mereka selalu membagikan brosur tentang wisata Indonesia kepada penonton dan penyelenggara event yang hingga sekarang tetap bertahan serta dilangsungkan di akhir tahun hingga permulaan tahun ini.

Sebelum turun ke ajang Paris-Dakar, Dali Sofari cs melakukan penyesuaian medan dan cuaca dengan melakukan latihan di Gunung Bromo, Pasuruan, Jawa Timur. 

Selain di otomotif, Dali Sofari juga aktif di cabang olahraga menembak, dan sempat menjabat sebagai Sekjen Perbakin (Persatuan Menembak Indonesia).

Seiring usia, beberapa tahun terakhir, kondisi kesehatan Dali Sofari kurang baik. Mendiang terakhir tampak kumpul pada acara ulang tahun Chepot Haniwiano di Warung Solo, Jeruk Purut Jaksel, 5 Februari 2023. Saat itu, Dali sudah memakai tongkat untuk berjalan.

 

Lalu, bagaimana kiprah almarhum Dali Sofari di ajang event motorsport Tanah Air?

"Yang jelas, almarhum seringnya menjadi navigator mas Tinton (Soeprapto) di ajang rally. Tapi, pernah juga juara Rally Jeep, bersama Didi Hardianto sebagai drivernya," ungkap Rio Sarwono, salah satu teman almarhum Dali Sofari.

Salah satu prestasi yang mengesankan bagi almarhum Dali Sofari, bersama H Tinton Soeprapto menggunakan mobil Toyota berhasil menjuarai Agip Rally 1975.

Ratusan teman dan keluarga mendiang H Dali Sofari hadir saat pemakaman di TPU Jeruk Purut

Saat pemakaman di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan tadi siang, ratusan teman almarhum Dali Sofari mengiringi kepergian ke tempat peristirahatan terakhir, baik yang dari rumah duka maupun langsung ke tempat pemakaman.

Yang tanpak hadir di pemakaman TPU Jeruk Purut, antara lain Komjenpol (Purn) Nanan Soekarna yang mantan Ketum PP IMI dan mantan Wakapolri, Ponco Soetowo, Dolly Indra Nasution, Didi Hardianto, Bambang Sudirdja, Rio dan Dani Sarwono.

Lalu, Faryd Sungkar, faried Thalib, Robert Silitonga, Dodo TS, para sahabat dari Ikatan Motor Besar Indonesia, dari Perbakin hingga ratusan kerabat almarhum Dali Sofari.  (budsan)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo