mobilinanews

Ancol Jakarta Supersport Championship: Memboyong 5 Cabor Balap, Jadi Magnet Peminat Motorsport

Sabtu, 03/02/2024 15:50 WIB
Ancol Jakarta Supersport Championship: Memboyong 5 Cabor Balap, Jadi Magnet Peminat Motorsport
Drag race, salah satu event di Ancol Jakarta Supersport Championship hari Sabtu (3/2/2024). (Foto: krm).

mobilinanews (Jakarta) - Masih ingat gelaran Formula E tahun 2021 dan 202 lalu di Ancol, Jakarta Utara?

Ternyata Indonesia tidak hanya memiliki sirkuit Internasional Sentul ataupun Mandalika, karena di Jakarta pun kita memiliki sirkuit berskala internasional, yaitu Sikuit Carnaval Ancol yang berada di kawasan Pantai Carnaval Ancol Jakarta.

Anondo Eko selaku Ketua IMI DKI menawarkan kerjasama dengan Sirkuit Carnaval Ancol dan Xray Event untuk membuat agenda satu tahun kegiatan Sporttainment, dengan tujuan pembalap-pembalap ibukota maupun dari berbagai wilayah di Indonesia lain akan terasah kemampuannya.

Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Eddy Prastiyo menyambut baik kerjasama dalam penyelenggaraan event AJSC.

"Event ini sangat sesuai dengan keberadaan Sirkuit Carnaval Ancol dan kami menyambut baik kerjasama dengan IMI DKI. Semoga event ini menjadi pembuka kolaborasi-kolaborasi event berikutnya dalam mempromosikan sport tourism di Jakarta," kata Eddy di Sirkuit Carnaval Ancol Sabtu, 3 Februari 2024.

Menurut Ketua Panitia Doddy Hendrawan, perencanaan pelaksanaan ini tidaklah mudah, karena telah direncanakan sejak akhir tahun kemarin.

"Akan tetapi terpotong dengan libur Natal dan Tahun baru. Sehingga banyak waktu terbuang untuk berkoordinasi dan bernegosiasi dalam persiapannya," ujar Doddy.

Anondo Eko mengiyakan pernyataan Doddy, dan berharap Series 1 yang dipersiapkan dengan segala keterbatasan waktu ini akan menjadikan tolok ukur bahwa waktu dapat ditembus dengan tekad yang kuat untuk mewujudkan mimpi para pecinta olahraga supersport di ibukota dan di mana pun berada.

Anondo Eko menyebutkan kegiatan supersport ini bertema Ancol Jakarta Supersport Championship ( AJSC ) karena ini merupakan satu-satunya ajang motorsport yang menampilkan kegiatan olahraga prestasi dalam satu sirkuit, dalam waktu bersamaan.

"Tidak hanya satu cabang olaharaga balap saja, namun 5 kegiatan olahraga balap sekaligus seperti Drag Race, Drag Bike, Slalom, Drift, dan Free-style," terang Anondo Eko, yang mengantar IMI DKI Jakarta sebagai IMI Terbaik pada IMI Award tahun lalu. 

Acara ini diharapkan dapat menambah pengalaman baru dan meningkatkan kesadaran olahraga bagi pecinta SuperSport Otomotive,  serta dapat menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Selain itu, Anondo Eko yang juga seorang co-driver rally seniot menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap pembalap yang sudah ada, serta menjaring pembalap muda ibukota untuk bisa tampil di kancah dunia.

"Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 direncanakan berjalan dalam 3 series yaitu series 1 adalah saat ini 3-4 Februari 2024, Series 2 direncanakan 20-21 April 2024, dan series 3 direncanakan 8-9 Juni 2024," imbuhnya dalam sela-sela kegiatan.

Series 1 Ancol Jakarta Supersport Championship ( JSC ) telah terdata lebih dari 200 peserta mengikuti kompetisi. Adapun kategori yang diikuti antara lain Drag Race (16 kelas), Drag Bike (201m), Drift (3 kelas), Slalom (5 kelas), dan Free Style (4 kelas).

Peserta tidak hanya dari warga area Jakarta, tapi juga dari luar Jakarta dan bahkan ada peserta dari mancanegara.

Bagi yang datang ke acara ini, selain menyaksikan 5 cabor balap di sirkuit, juga dapat berkeliling di area stand UMKM dan food truck untuk melepas lelah serta lapar setelah berteriak melihat beberapa balapan di lintasan. (krm)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo