mobilinanews

Talk Show IIMS 2024 : H Andy Surya Santosa Ungkap Nikmatnya Juara Balapan di Trek Aspal dan Tanah Sekaligus

Minggu, 18/02/2024 15:28 WIB
Talk Show IIMS 2024 : H Andy Surya Santosa Ungkap Nikmatnya Juara Balapan di Trek Aspal dan Tanah Sekaligus
H Andy Surya Santosa (tengah) pada Talk Show Motorsport kolaborasi Mobilinanews dan Dyandra Promosindo di IIMS 2024 JIExpo Kemayoran Jakarta, Minggu (18/2/2024).

mobilinanews (Jakarta) - Ada pembalap yang spesialis di satu cabang olahraga balap, misalnya hanya di rally. Atau di balap mobil saja. Tapi, H Andy Surya Santosa piawai di keduanya. Buktinya, andalan Gazpoll Racing Team ini berhasil meraih juara nasional di rally dan juara umum di balap mobil ISSOM.

"Alhamdulilah, tahun lalu bisa menjadi juara di keduanya : rally dan balap mobil. Rally juara nasional di Group R, sedangkan di balap mobil ISSOM menjadi juara umum kelas Indonesia Classic Car Championship (ICC2)," ungkap H Andy Surya Santosa saat menjadi nara sumber pada Talk Show Motorsport di IIMS 2024, JI EXpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/2/2024).

Tidak sendiri, pada Talk Show tersebut H Andy Surya Santosa didampingi Iwan Aziz selaku manajer. Iwan menggantikan posisi Nugraha Hadinata selaku co-driver yang berhalangan hadir karena sakit.

Iwan Aziz, sang manajer menyebut tingkat kesulitan berbeda mengelola balap mobil dan rally

Pada acara yang dipandu oleh host dan race commentator kondang Ricky Sitompul tersebut, H Andy Surya Santosa menambahkan bahwa baik rally maupun balap mobil memlliki tingkat keseruan sendiri-sendiri.

"Kalau rally, kita mesti percaya dengan co-driver. Sedangkan untuk balap mobil, ya mesti percaya diri sendiri, harus hafal dengan lay out sirkuit agar bisa meraih hasil terbaik," terang bos sebuah perusahaan exspedisi global Bee Logistics Transworld, yang juga menangani pengiriman mobil-mobil rally dari/ke mancanegara.

Bedanya lagi, rally distart sendiri-sendiri. Sedangkan balap mobil balapannya ramai-ramai dengan pembalap lain, atau secara head to head.

Talk Show mendapat sambutan antusias audience

Ketika diminta tanggapan lebih suka rally atau balap mobil?

"Wait, sebenarnya tidak hanya rally dan balap mobil, saya juga turun di adventure offroad. Namun tahun lalu, fokus di rally dan balap mobil. Kalau ditanya suka mana, terus terang rally. Karena menurut saya lebih menantang. Balapannya lebih dari 100 km dan lebih dari 10 SS (Special Stage) hehe," ujar penggemar perally WRC, Colin McRae.

Saat balapan di ajang rally, lanjut H Andy Surya Santosa menikmati semuanya. "Dari ngebut yang nggak ada ujungnya di tengah hutan, ban pecah, trouble engine, semua saya nikmati. Karena ini bagian tantangan yang saya sukai," paparnya.

H Andy Surya Santosa juga merasa bangga karena telah menyandang gelar sebagai "Haji Toba". 

Pulo Sp dari Dyandra Promosindo memberikan cedera mata kepada H Andy Surya Santosa

Apa itu maksudnya? "Jadi, di kalangan komunitas rally, ada dua kategori. Pertama, perally yang lulus mengikuti Danau Toba Rally dengan SS (Special Stage) yang juga pernah digunakan untuk WRC (World Rally Championship) 1996, dijuluki dengan "Haji Toba" karena tingkat kesulitan yang tinggi. Sedangkan yang mengikuti di tempat lain, disebutkan masih umroh hehe," terang H Andy Surya Santosa.

Pria yang memang telah menunaikan ibadah Haji di Mekkah Almukaromah di Saudi Arabia ini, dengan demikian telah lulus menjadi "Haji Toba" sebanyak 3 kali. Sama dengan keikutsertaannya di ajang rallly paling menantang di Indonesia itu.

Karena sudah menjadi juara nasional kelas R di rally dan Indonesia Classic Car Champinship di ISSOM, rencananya tahun depan akan naik level. "Tapi naik ke kelas apa, saya belum bisa announce sekarang. Tunggu kejutan berikutnya," senyum H Andy Surya Santosa.

Dari kiri H Andy Surya Santosa, Pulo Sp dan Iwan Aziz

Semetara itu, Iwan Aziz selaku manajer mengaku beda pengelolaan pembalap terhadap event.

"Kalau turun di ajang balap mobil di sirkuit Sentul lebih simple dan murah. Karena venuenya dekat. Tapi, dibutuhkan effort lebih jika rally di Danau Toba, Sumatra Utara. Selain costnya gede, tingkat kesulitan lebih tinggi : terkait pengiriman kendaraan, suku cadang dan lain-lain," ungkap Iwan Aziz.    

Namun begitu, Iwan Aziz mengaku telah menyiapkan segala sesuatunya dengan rapi jauh-jauh hari. "Karena sudah terbiasa, ya nggak ada masalah sebenarnya. Baik turun di balap mobil maupun rally. Tergantung apa kata bos aja (maksudnya H Andy Surya Santosa)," senyum Iwan Aziz. (budsan) 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo