mobilinanews

Temuan Profesor UI : Bahan Dasar Serat Rami Bisa Jadi Bahan Interior Otomotif

Jum'at, 08/03/2024 02:08 WIB
Temuan Profesor UI : Bahan Dasar Serat Rami Bisa Jadi Bahan Interior Otomotif
Bahan dasar serat rami untuk interior otomotif.( Foto: UI)

mobilinanews (Jakarta) - Prof. Dr. Ir. Tresna Priyana Soemardi, seorang Guru Besar di Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI), telah berhasil mengembangkan material Pre-Impregnated (Prepreg) ramah lingkungan yang diberi nama Ramie Fiber Reinforced (RFR) – PolyLatctic Acid (PLA).

Kolaborasi antara Prof. Tresna dan Laboratorium Komposit Université Paris Nanterre, Prancis, serta Laboratorium Perancangan Mekanikal, Biomekanik, dan Sub-Lab Komposit, Departemen Teknik Mesin, FT UI, menghasilkan inovasi tersebut.

Prepreg RFR-PLA menggunakan serat rami lokal sebagai bahan baku utamanya, menghadirkan solusi ramah lingkungan dan ekonomis untuk kebutuhan pasar Prepreg konvensional.

Melalui kerja sama dengan pembudi daya rami di Jawa Barat, Prof. Tresna dan timnya bertujuan untuk meningkatkan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan memproduksi serat rami lokal menjadi benang dan fabric.

Setelah melalui serangkaian uji coba dan penelitian sejak tahun 2000, prototipe Prepreg RFR-PLA yang dikembangkan telah mencapai versi Delta (𝛿), menunjukkan kekuatan yang memuaskan pada uji beban multiaxial.

“Penemuan orisinil ini telah melewati serangkaian proses penelitian yang Panjang sejak tahun 2000. Kami terus melakukan uji coba dari berbagai aspek, mulai dari komposisi, peralatan, proses, temperatur, hingga berupaya mencapai versi prototipe terbaik. Prototipe Prepreg yang dikembangkan saat ini sudah mencapai versi Delta (𝛿),” kata Prof. Tresna.

Paten hak cipta RFR-PLA sedang diajukan melalui Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) UI, dengan rencana pengaplikasian material ini pada bodi dan interior otomotif, serta model struktur dan badan pesawat terbang.

Inovasi ini didukung oleh program beasiswa kolaborasi penelitian ilmiah tingkat tinggi Séjour Scientifique de Haut Niveau (SSHN), yang memungkinkan Prof. Tresna untuk mengakses fasilitas penelitian di Université Paris Nanterre.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, mengapresiasi inovasi RFR-PLA sebagai bukti komitmen FTUI dalam menjalin kerja sama internasional yang membuka peluang untuk pengembangan penelitian lebih lanjut yang unggul dan berdampak.

Hasil penelitian ini akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, serta akan dijadikan materi buku berjudul Development of Natural Composites and Their Use in Human Life and Advanced Industry yang ditulis bersama Prof. Olivier. (krm)

berita TERKAIT
    Tidak ada berita terkait
About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo