mobilinanews

Membandingkan Mobil Listrik BYD Seal Versus Hyundai Ioniq 6 : Harga Terpaut Jauh, Spesifikasi Layak Diadu

Minggu, 10/03/2024 00:15 WIB
Membandingkan Mobil Listrik BYD Seal Versus Hyundai Ioniq 6 : Harga Terpaut Jauh, Spesifikasi Layak Diadu
BYD Seal, berani head to head Hyundai Ioniq 6 terkait keandalan dan keunggulan fiturnya. (Foto: krm).

mobilinanews (Jakarta) - Kehadiran produsen mobil listrik China seperti Build Your Dream (BYD) menantang dominasi Hyundai dalam pasar mobil listrik.

BYD bahkan menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Hyundai yang telah lebih dulu memasuki pasar Indonesia.

Pada acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Ji-Expo Kemayoran beberapa waktu lalu, BYD secara resmi mengumumkan harga tiga model mobilnya.

BYD Dolphin dijual dengan harga Rp 425 juta, BYD Atto Rp 515 juta, dan BYD Seal dengan harga mulai dari Rp629 juta (untuk varian rendah) hingga Rp 719 juta (untuk varian tinggi).

BYD Seal, yang merupakan sedan, akan bersaing langsung dengan Hyundai Ioniq 6 yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 1,2 miliar.

Perbedaan harga antara keduanya sangat signifikan, sekitar Rp 500-600 juta atau hampir setengah dari harga Hyundai.

Sementara itu, BYD Atto 3 akan bersaing dengan Hyundai Ioniq 5 yang dijual dengan harga Rp 782 juta hingga Rp 895 juta.

Perbedaan harga antara keduanya sekitar Rp 267-380 juta. Harga BYD juga berpotensi turun lebih jauh setelah proses perakitan lokal dimulai.

"Harga yang kami berikan sudah termasuk on the road (OTR). Ke depan, ketika produksi lokal sudah berjalan, kami bertujuan untuk memberikan harga yang lebih kompetitif untuk unit kendaraan kami," kata Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao.

BYD telah berkomitmen kepada pemerintah Indonesia untuk segera membangun pabrik lokal di dalam negeri.

Produksi lokal tentu akan menjadikan harga mobil BYD lebih terjangkau. Selain merakit mobil, BYD juga mempertimbangkan untuk membangun pabrik baterai di Indonesia.

"Pembangunan pabrik di sini hanya masalah waktu. Kami berencana untuk terlibat dalam rantai pasokan di Indonesia, tidak hanya dalam perakitan mobil," kata Eagle.

Perbandingan BYD Seal dan Hyundai Ioniq 6

Sekilas, BYD Seal memang mirip dengan Hyundai Ioniq 6. Dari segi desain, keduanya mengusung gaya sedan yang sporty. Garis-garis tajam dan lampu LED penuh memberikan kesan serupa pada keduanya.

Namun, secara keseluruhan, BYD Seal memiliki tampilan yang lebih tajam, sementara Ioniq 6 memiliki desain fasial yang lebih unik dan berbentuk membulat.

Dalam hal dimensi, BYD Seal memiliki panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.460 mm, sedangkan Hyundai Ioniq 6 memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dengan panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm.

Kedua mobil menampilkan kabin yang mewah. BYD Seal memiliki head unit yang lebih besar daripada Hyundai Ioniq 6, tetapi kualitas dasbor Hyundai Ioniq 6 terlihat lebih baik.

Dalam hal baterai, BYD Seal menawarkan tiga varian. Varian Dynamic Standar Range dilengkapi dengan baterai 61,44 kWh yang memiliki jangkauan 510 Km.

Varian Premium Extended Range hadir dengan baterai 82,56 kWh yang mampu menempuh 650 Km, sementara varian AWD Performance juga menggunakan baterai 82,56 kWh dengan jangkauan 580 Km.

Sedangkan varian Premium Extended Range hadir dengan baterai 60,48 kWh yang memiliki jangkauan 490 Km (berdasarkan NEDC).

Di sisi lain, Hyundai Ioniq 6 hanya memiliki satu varian, yaitu Signature, dengan baterai 77,4 kWh yang memiliki jangkauan 519 Km menggunakan metode WLTC.

Meskipun Hyundai Ioniq 6 sedikit unggul dalam hal dimensi, BYD Seal menawarkan kelebihan dengan berbagai varian yang menyesuaikan jarak tempuh. (krm)

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo