mobilinanews

Pengecekan Mobil Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Tips Dari Astra Peugeot

Selasa, 19/03/2024 01:08 WIB
Pengecekan Mobil Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Tips Dari Astra Peugeot
Pengecekan mobil sebelum perjalanan mudik Lebaran, Ini Tips Dari Astra Peugeot

mobilinanews (Jakarta) - Lebaran identik dengan mudik ke rumah sanak keluarga. Perjalanan jauh seperti mudik perlu memperhatikan kesegaran kendaraan itu sendiri.

Pasalnya, kenyamanan berkendara menjadi poin penting dalam perjalanan mudik lebaran nanti.

Soal kenyamanan dan keamanan berkendara mobil Peugeot yang notabene brand Eropa tidak diragukan lagi.

Pengecekkan secara berkala diperlukan untuk mengetahui adanya keluhan dari kendaraan.

Perhatikan komponen ini sebelum melakukan mudik lebaran diantaranya, pastikan kondisi mesin tidak bocor, periksa tabung reservoir air wiper, periksa kondisi suspensi serta ban.

Pelumas dan Cairan

Mengecek oli mesin caranya memang mudah. Apalagi di mesin mobil seperti Peugeot 3008 atau 5008, yang umumnya terdapat deep stick alias batang pengecek yang rata-rata terpasang di samping mesin.

Melalui batang indikator ini, dapat menjelaskan masalah yang mungkin ada, dan menyelesaikannya jika diperlukan.

Langkah ini harus dipahami prosedur yang tepat agar proses pengecekan benar-benar akurat dan tidak membuat kerja mesin menjadi berat.

Salah satu contohnya membaca petunjuk perawatan mobil. Karena beberapa produsen oli ada yang menyarankan mengganti oli mobil sebelum menggunakan mobil, atau ketika olinya masih dingin.

Menyangkut pengecekkan tabung air wiper kita harus tahu terlebih dahulu mengenai kegunaannya. Peran air wiper pada peranti wiper memang sangat penting.

Karena udara dalam tabung reservoir dipompa secara elektrik atas perintah tombol di area kemudi guna membasuh permukaan kaca sehingga kotoran yang mengganggu jarak dipandang mudah dibersihkan karet wiper.

Selain itu, penyemprotan air wiper juga bertujuan agar tidak muncul goresan saat wiper bekerja menyapu kaca.

Meski kini kita berada di masa musim kemarau, terkadang turun hujan dadakan. Untuk itu keberadaan air wiper pada kendaaran jangan diabaikan.

Apalagi air wiper di tabung reservoir kadang kualitas dan volumenya mulai berkurang akibat kelamaan tidak difungsikan juga di cek.

Sehingga banyak pengemudi ketika menghadapi situasi hujan dadakan dan air wiper tidak berfungsi dengan baik.

Jika sudah menemukan tabung reservoir, tuangkan air wiper yang sudah disiapkan sebelumnya. Gunakan air bersih guna mencegah penyumbatan pada lubang keluaran.

Isi air wiper sampai batas maksimal, seperti yang tertera di tabung. Lalu tutup kembali penutup tabung air wiper.

mohon air wiper tidak dibiarkan sampai kosong. Meskipun tidak dipungkiri ada saja yang luput tidak menyadari tabung air wiper kosong dalam waktu lama.

“Padahal air wiper lama kosong risikonya timbulkan kotoran yang bersarang sampai terjadi penyumbatan. Karenanya rutin memeriksa kondisi tabung air wiper dan isi saat air wiper sudah tinggal sedikit,” jelas Rafi`I, Workshop Head Astra Peugeot Sunter

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan semprotan air wiper. Jangan lupa melihat keadaan semprotan air wiper ke arah kaca.

Terutama aliran air di slang hingga semprotan air wiper selalu lancar dan arah semburannya sesuai dengan keinginan.

Apabila semprotan air wiper mobil tiba-tiba macet, beberapa jenis kendaraan memang bisa diperbaiki sendiri terutama yang hidungnya berada di area terbuka.

Tapi jika itu terjadi di mobil SUV Peugoet 3008 & 5008 sebaiknya dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa sekaligus diperbaiki.

Penangguhan

Perawatan suspensi dapat dilakukan dengan pengecekan per-bagian komponen secara bertahap. Langkah pertama, melihat kondisi Tie Rod dan Ball Joint. Keduanya merupakan komponen penting untuk menggerakkan roda.

Tie Rod berfungsi menghubungkan roda kemudi ke ban agar bisa belok ke kanan dan kiri. Sedang ball joint sebagai sumbu roda atau mengikat antara sebagai roda (knuckle) dengan arm (sayap), menjadi tumpuan roda saat berbelok ke kanan atau kiri.

“Mendeteksi kerusakannya dapat dengan mendengarkan suara yang muncul dari arah lengan roda. Jika timbul suara aneh, dapat dipastikan bantalan bola sudah mulai kendor (aus). Permukaan Tie rod dan ball joint sudah berubah atau tidak halus, juga penanda bahwa komponen sudah aus dan harus segera diperbaki,” imbuhnya.

Selanjutnya cek shockbreaker yang berfungsi meredam guncangan atau hentakan akibat kondisi jalanan tidak stabil. Mendeteksinya bisa dengan mendengar suara bising dan keras saat mobil dikendarai.

Apalagi diselingi guncangan bodi berlebihan yang dirasakan pengendara di dalam kabin. Jika seperti itu, indikasi komponen peredam kejut lemah itu perlu direkondisi.

Pengecekan selanjutnya adalah bushing stabilizer serta bushing arm. Bushing stabilizer yang terpasang pada link stabilizer untuk menjaga keseimbangan suspensi bagian kiri dan kanan.

Kerusakan bisa dideteksi dengan mendengarkan apakah ada suara mendecit atau bergemuruh saat Anda mengerem mobil.

Sedang bushing arm yang berbentuk tabung besi yang diisi dengan karet, memiliki fungsi sebagai titik tumpu antara roda dengan lengan pencengkeramnya.

Jika komponen tersebut mulai rusak, kinerjanya sebagai pendukung kerja suspensi mobil pun akan menurunkan kenyamanannya.

Untuk memeriksa kondisi bushing arm, dapat Anda lakukan dengan mencermati arah laju kemudi mobil.

Apakah arah laju mobil sesuai dengan arah yang dituju melalui stir mobil atau tidak.

“Ketika mobil bergerak cenderung ke kiri atau ke kanan dan juga di bagian roda terdengar suara yang bergemuruh, hal ini dapat menjadi indikator adanya masalah di bushing arm,” jelasnya.

Begitu juga dengan Bearing atau bantalan roda yang juga bertugas menjaga kestabilan laju mobil.

Ketika bagian ini bermasalah, biasanya akan menimbulkan suara yang cukup bergemuruh dan bising dari arah roda kendaraan.

Terakhir adalah memeriksa kondisi tapak Ban. Meski umumnya habis karena terpakai dalam waktu lama dan jarak tempuh, hal terpenting yang wajib diperhatikan adalah area tapak ban yang terkikis.

Sebab bilamana area keausannya tidak rata, dapat dipastikan ada masalah pada komponen pendukung pada kaki-kaki mobil. (hilary)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo