mobilinanews

WRC 2024 Kenya : Rovanpera dan Katsuta Bawa Toyota Gazoo Racing Finish 1-2, Thierry Neuville Masih Pimpin Klasemen

Senin, 01/04/2024 01:38 WIB
WRC 2024 Kenya : Rovanpera dan Katsuta Bawa Toyota Gazoo Racing Finish 1-2, Thierry Neuville Masih Pimpin Klasemen
Kalle Rovanpera (Finlandia/Toyota Gazoo Racing), tampil cerdas di ganasnya gravel Rally Safari. (Foto: wrc)

mobilinanews (Kenya) - Dikalahkan Hyundai di dua seri awal 2024, Monte Carlo dan Swedia, membuat Toyota Gazoo Racing bersiap khusus ke Rally Safari, Kenya, Afrika, yang berakhir Minggu (31/3/2024). Hasilnya, Yaris GR finish 1-2.

Kaki-kaki Yaris GR Rally1, khususnya suspensi, dipermak tim Toyota untuk menjaga dominasi mereka di Rally Safari.

Sayang, pada akhirnya gagal memborong seluruh podium seperti tahun lalu. Hanya juara dunia bertahan Kalle Rovanpera dan Kanamoto Katsuta yang naik.

Joki satunya, Elfyn Evans, tadinya sempat di zona podium namun di beberapa SS akhir berhasil disalip perally tim M-Sport Ford Adrien Fourmaux.

Evans yang didorong Toyota untuk berebut gelar 2024 (karena Rovanpera istirahat dengan ikut hanya beberapa seri 2024), di event ini hanya sanggup finish P4 akibat beberapa kali alami masalah dengan ban.

Ia mengalahkan pesaing utamanya dalam trek perebutan gelar, Thierry Neuville (Hyundai) yang finish P5. Tapi, Neuville memetik bonus poin 5 di sesi Power Stage sedangkan Evans hanya kebagian 1 poin.

Ini membuat Neuville yang juara Monte Carlo tetap memimpin klasemen sementara kejuaraan dunia. Ia unggul 6 poin atas Evans, 67 kontra 61.

"Kali ini kami kurang beruntung saja. Bagaimana pun tim sudah mempersiapkan mobil semaksimal mungkin. Saya melihat kerja keras mereka," komentar Neuville yang pada sesi Sabtu (30/3/2024) alami masalah pada fuel pump Hyundai i20N-nya dan kehilangan banyak waktu.

Rovanpera yang tak ikut di Monte Carlo dan retire di Swedia tampil nyaris sempurna dengan memimpin kejuaraan sejak sesi Jumat hingga finish.

Kecerdasan, katanya, adalah kunci keberhasilannya. Artinya, ia dan navigator Jonne Halttunen tidak semata mengandalkan speed mengarungi 19 special stage yang disajikan.

Tapi, juga kejelasan memilih racing line di lintasan gravel yang kasar dan sebagian berbatu.

"Tampil di sini selalu spesial. Ini event legendaris buat Toyota. Kami selalu tampil bagus di sini. Seperti kata orang-orang di Afrika, mobil di depan selalu Toyota," kata Rovanpera yang tahun lalu juara di Safari.

Buat Katsuta,  ini juga podium beruntunnya di Safari. Bedanya, kali ini raih sebagai perally reguler dan tampil penuh musim 2024 ini sebagai pendamping Evans.

Perally muda Jepang binaan Toyota ini pun sementara bercokol di urutan 6 klasemen sementara kejuaraan dunia dengan total poin 30. Di bawah Formaux (46 poin), Ott Tanak (Hyundai/33) dan Rovanpera (31). 

Perburuan poin WRC berikutnya  berlangsung di lintasan aspal Rally Crotia pertengahan bulan depan.

Sepertinya Rovanpera tak akan mengaspal di sana, digantikan legenda WRC Sebastien Ogier. (rn)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo