mobilinanews

MotoGP 2024 AS: Bagnaia Dalam Bahaya di Tabel Klasemen, Jorge Martin Menjauh dan Marquez Mulai Memepet

Minggu, 14/04/2024 05:04 WIB
MotoGP 2024 AS: Bagnaia Dalam Bahaya di Tabel Klasemen, Jorge Martin Menjauh dan Marquez Mulai Memepet
Jorge Martin (Spanyol/Pramac Ducati, semakin jauh meninggalkan Francesco Bagnaia. (Foto: roadracingworld)

mobilinanews (AS) - Baru tiga ronde balapan, posisi Francesco Bagnaia sudah mulai rawan di klasemen pembalap. Saingan beratnya, Jorge Martin semakin menjauh usai finish podium di sesi sprint race GP AS, Minggu (14/4l dinihari WIB.

Memulai balapan sprint berdurasi 10 laps itu dari P6, Martin (Pramac Ducati) sukses meraih podium ketiga bersama sang juara Maverick Vinales (Aprilia) dan Marc Marquez (Gresini Ducati) sebagai runner up.

Di pihak lain, Bagnaia hanya finish P8 meski memulai balapan dari starting grid ke-4. 

Hasil itu membuat Martin semakin kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2024 dengan total poin 67. Semakin menjauh dari Bagnaia sang juara dunia bertahan di P4 dengan  poin 39 atau tertinggal 28 angka.

Tempat kedua dan tiga dihuni rekan setim Bagnaia di tim pabrikan Ducati Enea Bastianini (43 poin) dan Brad Binder (KTM, 42).

Martin pun penuh senyum di podium. Ia puas, terlebih karena penampilan buruk di sesi kualifikasi. Ia dua kali terpelanting dengan motornya dan hanya sanggup meraih posisi start ke-6. Saat balapan ia sukses menyalip Bastianini, Bagnaia dan Pedro Acosta (Tech3 GasGas).

"Ini hasil maksimal yang bisa diraih hari ini. Besok (balapan utama, Senin 15/4 dinihari WIB) saya harap bisa lebih baik," kata Martin yang tahun ini membidik kursi pabrikan Ducati pada musim 2025.

Kursi itu otomatis jadi miliknya jika sukses menjadi juara dunia 2024. 

Situasi buat Bagnaia sama sekali tak nyaman menyongsong sesi grand prix yang menyediakan poin dua kali lipat lebih banyak dari sprint.

Saat Martin menjauh, saat sama Marc Marquez kini merapat dengan  jarak hanya 3 poin di klasemen sementara. Rider Gresini Ducati itu sudah mengoleksi 36 poin.

Sialnya, posisi start akan sama dengan sprint. Bagnaia berada di row 2 bersama Bastianini dan Martin (P4, 5 dan 6). Sedangkan front row tetap dihuni Vinales, Acosta dan Marquez.

Tak banyak yang bisa dilakukan Bagnaia selain berharap teknisinya bisa menemukan set up Desmosedici GP24-nya lebih paten pada sesi warm up.

Setidaknya untuk bisa mengalahkan Marquez dan memangkas poin dengan Martin. Ia pun kudu waspada kepada Marquez agar insiden crash di Portugal tak terulang yang membuat keduanya DNF.

Sepuluh besar klasemen sementara usai sprint race GP AS adalah sebagai berikut:

1. Jorge Martin (67 poin),

2. Bastrianini (43),

3. Brad Binder (KTM, 42),

4. Bagnaia (39),

5. Marquez (36),

6. Pedro Acosta (34),

7. Vinales (31),

8. Aleix Espargaro (Aprilia, 30)

9. Jack Miller (KTM, 19),

10. Fabio Di Giannanronio (VR46 Ducat, 15) dan Fabio Quartararo (Yamaha, 15). (rn)

 

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo