mobilinanews

Cara Membuat Knalpot Mobil Tidak Berisik dan Mengganggu Orang Lain, Begini Kiat Jitunya

Rabu, 17/04/2024 15:10 WIB
Cara Membuat Knalpot Mobil Tidak Berisik dan Mengganggu Orang Lain, Begini Kiat Jitunya
Knalpot mobil modifikasi yang memiliki bunyi berbeda dan lebih berisik, mengganggu pengendara lain jika tidak dimodifikasi secara benar

mobilinanews (Jakarta) - Kebisingan yang timbul dari suara knalpot mobil, menimbulkan protes pengguna jalan, termasuk masyarakat umum. Apalagi kalau mobil dengan knalpot bising digeber pada malam hari, atau di tengah kemacetan, tentu akan sangat mengganggu.

Tingkat kebisingan knalpot mobil berbeda-beda. Biasanya pabrikan telah menghitung tingkat desibel knalpot mobil agar tidak mengganggu orang lain.

Namun knalpot bising kerap ditemukan pada mobil-mobil yang telah dimodifikasi.

Lalu bagaimana membuat knalpot mobil tidak berisik?

Bagian penting untuk mendapatkan knalpot yang tidak berisik, kunciya ada pada dua komponen peredam yaitu muffler dan resonator.

Artinya selama bagian knalpot tidak dimodifikasi pada bagian resonator dan mengganti muffler dengan jenis free flow, maka suara knalpot masih sesuai regulasi.

Untuk membuat knalpot racing pada mobil tidak berisik dan bisa memiliki suara yang halus layaknya mobil standar, bisa diakali dengan desain reverse flow.

Nantinya pada setiap pipa dalam chamber muffler dibungkus glasswool, yang menjadi peredam tambahan.

Penggunaan knalpot tipe ini bisa diaplikasikan pada mobil bersilinder hingga 1.600 cc. Selain itu, muffler juga bisa mendapat penambahan resonator.

 Meskipun suaranya tidak gahar, tetapi mobil lebih responsif dan enteng.

Mengendarai mobil di jalan umum, tentu harus mempertimbangkan aturan yang berlaku. Karena itu penggunaan knalpot yang dimodifikasi atau knalpot racing dengan suara yang melebihi aturan akan mengganggu orang lain.

Untuk itu, pilihan bijaksananya sebaiknya mobil yang digunakan untuk harian tetap menggunakan knalpot standar atau bawaan pabrik, sehingga suaranya tetap nyaman di telinga dan tidak sampai menjadi incaran operasi kepolisian.

Berbeda jika mobil tersebut dikutsertakan dalam kontes modifikasi atau balapan, yang menuntut mobil harus tampil menarik perhatian audiens yang menyaksikan acara tersebut.

Pilihan menggunakan knalpot yang dimodifikasi dengan suara yang menghentak bisa digunakan sebagai pemikat yang menarik dan membuat orang penasaran.

Menyoal knalpot bocor yang bisa menimbulkan suara berisik, pemilik mobil bisa memeriksakan kondisinya di bengkel atau diler Suzuki terdekat.

Tentu untuk mendapatkan perbaikan pada komponen knalpot yang mengalami kebocoran atau menggantinya dengan knalpot standar bawaan pabrik. (elk)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo