mobilinanews

BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya!

Minggu, 12/05/2024 01:08 WIB
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya!
Bioetanol Merupakan Salah Satu Bahan Bakar Minyak Terbarukan RON 95 dari Campuran Pertamax (RON 92) Serta Etanol Sekitar 5 Persen.

mobilinanews (Jakarta) - Pemerintah meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) yang ramah lingkungan, yakni Bioetanol.

Bioetanol juga disebut sebagai bahan bakar nabati, lantaran dihasilkan dari proses fermentasi bahan organik, salah satunya tanaman dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Bioetanol sendiri merupakan salah satu bahan bakar minyak terbarukan RON 95 yang terdiri dari campuran Pertamax (RON 92) serta etanol sekitar 5 persen.

Menurut US Department of Energy, dikatakan bahwa penggunaan bioetanol ini dapat meningkatkan penghematan bahan bakar.

Seperti yang kita ketahui, bahan bakar ini biasa dibuat dengan campuran tanaman, seperti tebu, gandum, ubi jalar atau jagung.

Apalagi, bahan bakar tersebut mempunyai angka oktan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan BBM biasa.

Pemanfaatan bioetanol sebagai bahan bakar ini ternyata memiliki banyak keuntungan, salah satunya bisa mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tak terbarukan, contoh minyak bumi.

Bahkan, penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar ini juga memiliki dampak yang positif terhadap bidang pertanian.

Tanaman yang menjadi bahan baku bioetanol ini secara tak langsung dapat memberikan peluang bagi petani serta industri pertanian.

Salah satu keunggulan bioetanol yang perlu diketahui ialah mempunyai tingkat bahan bakar yang sangat tinggi, minimal kadar mencapai 99,5 %.

Dengan berkembangnya industri bioetanol ini bisa juga menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan ekonomi daerah yang terlibat dalam produksi bahan baku tanaman.

Bioetanol sendiri dapat dibedakan sesuai dengan kadar alkoholnya. Untuk yang kadarnya mencapai 90-94% disebut sebagai bioetanol tingkat industri.

Sedangkan, jika mempunyai kadar dari 94 hingga 99,5%, maka disebut dengan bioetanol tingkat netral yang umumnya dipakai sebagai campuran minuman keras.

Maka dari itu, penting sekali memperhatikan penggunaan dan regulasi bioetanol untuk memastikan keamanan dan pemakaian yang tepat.

Bioetanol sendiri memiliki beberapa karakteristik yang unik sebagai bahan bakar alternatif,di antaranya:

Mudah larut di dalam air

Mudah menguap dan terbakar

Tidak bersifat karsinogenik

Tidak mempunyai dampak negatif yang signifikan untuk lingkungan. (rf)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo