mobilinanews

Rio Haryanto Harus Bisa Tampil Tiga Tahun Di F1

Selasa, 01/03/2016 09:34 WIB
Rio Haryanto Harus Bisa Tampil Tiga Tahun Di F1

mobilinanews (Jakarta) – Jangan berharap terlalu banyak dari Rio Haryanto pada debutnya di F1 tahun ini. Pertama, ini tahun pertama dia berkiprah di ajang F1. Dan kedua, Rio butuh adaptasi untuk berlaga di balapan jet darat itu.

“Sebaiknya memang tidak terlalu berekspektasi terlalu tinggi. Ya, ini kan tahun pertama Rio di F1. Butuh penyesuaian yang tidak mudah. Lebih penting  memikirkan bagaimana dia bisa berlaga hingga tahun ketiga. Nah, di tahun  ketiga itu saya kira kiprahnya sudah mulai akan terlihat,” ujar Sadikin Aksa kepada mobilinanews.

Ikin –sapaan Sadikin—menyampaikan itu saat menyaksikan kejurnas Eshark Rok Cup Indonesia di Sentul International Karting Circuit Bogor belum lama ini.

Ditambahkann bahwa saat ini Rio memperkuat tim Manor Racing yang merupakan tim papan bawah dan juru kunci di F1. Tentu berbeda dengan kalau memperkuat tim papan tengah sekelas Red Bull atau bahkan papan atas seperti Mercedes dan Ferrari.

“Dengan posisi di tim papan bawah, kondisinya pasti berbeda. Butuh perjuangan yang lebih keras. Misalnya saja Lewis Hamilton memperkuat tim Manor Racing juga dipastikan tidak mungkin bisa menjadi juara dunia F1,” ungkap Ketua Umum PP IMI itu.

Yang penting, lanjut Ikin,  Rio bisa menunjukkan bisa beradaptasi dengan cepat dan selalu menunjukkan progress dari seri ke seri. Sehingga nanti bisa dilirik tim papan tengah karena prestasi Rio yang menonjol.

Ikin juga menegaskan bahwa F1 adalah olahraga komersial. Sehingga yang perlu dipikirkan bagaimana setidaknya Rio bisa berlaga di ajang F1 itu hingga tiga tahun ke depan.

“Menggalang dana untuk Rio di F1 sampai 3 tahun ke depan. Kalau dari pemerintah susah karena terbentur Undang Undang, penggalangan bisa dilakukan pihak swasta dan pengusaha nasional. Jangan dilakukan sporadis tapi sistematis,” tuturnya.

“Pihak IMI pasti akan melakukan upaya dan menjembatani itu untuk Rio. Yang pasti ini akan menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” ungkap Ikin.  

 

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo