mobilinanews

Rio Haryanto Dapat Berkah Lanjut Sampai Di F1 Singapura !

Rabu, 27/07/2016 22:50 WIB
Rio Haryanto Dapat Berkah Lanjut Sampai Di F1 Singapura !
Manor
Rio Haryanto kemungkinan besar bisa membalap di Marina Bay Circuit, Singapura

mobilinanews (Jakarta) - Pecinta Formula 1 (F1), khususnya yang ingin melihat pebalap jet darat kita, Rio Haryanto boleh bernafas lebih lega. Piers Hunnisett, manajer Rio tegaskan pebalap 23 tahun itu akan tetap di kokpit tim Manor saat GP Jerman di Hockenheim, minggu ini.

Tidak hanya itu, pebalap yang satu daerah dengan asal presiden Joko Widodo ini, akan bisa pertahankan setir Manor Formula Team sampai GP Singapura, sekitar 2 bulan ke depan.!

Kontrak Rio sebagai pebalap tim Manor memang untuk semusim, 2016 ini. Tapi, sebagai pebalap 'berbayar', Rio harus menyetor sekitar 7 juta Euro lagi, agar bisa balap hingga seri F1 di sirkuit YAS Marina, Abu Dhabi, 27 November mendatang.

"Kami sudah mendapatkan dana untuk Rio guna mempertahankan kokpit tim Manor di Hockenheim. Dan, kami masih punya waktu sebulan untuk memastikan Rio Haryanto tetap di Manor hingga akhir musim," pasti Hunnisett.

Perhitungan Hunnisett, setelah GP Jerman, F1 libur hingga 28 Agustus. Tapi, sepertinya, dari.penelusuran mobilinanews, waktu Rio berkiprah di F1 bisa lebih lama. Deadline Hunnisett dan tim pencari dana untuk Rio pun lebih panjang. Ya, karena Manor tidak punya pebalap yang siap pakai. Minimal hingga seri XV di Singapura 18 September.

Ya, Manor memang punya Alexander Rossi, yang mengemudikan mesin mercedes Manor 5 seri terakhir musim 2015. Rossi yang tahun ini berlaga di arena IndyCar pun berjaya.

Masalahnya si Rossi, yang jadi berkah buat Rio, jadwal 3 dari 4 seri terakhir IndyCar, berbenturan dengan agenda balap F1. Tanggal 27 Agustus, seri Indy di Texas bentrok dengan seri ke-13 di sirkuit Spa, Belgia. Lalu, balap Indy di Watkins Glen, 4 September, bentrok dengan seri ke-14 di Monza, Italia. Terakhir, seri Indy di Sonoma 18 September waktunya bersamaan dengan GP Singapura.

So, dengan posisi Rossi yang berpeluang juara di Indy, riskan meninggalkan balapan itu untuk 'merebut' jok Rio. Rossi mungkin baru bisa dipakai di GP Malaysia. Kalau tim Rio gagal ngumpulin dana tambahan.

Satu pebalap cadangan Manor lainnya, Jordan King pun mustahil balap di F1 musim ini.
Pasalnya, racer yang jadi pebalap tes Manor dan sedang berlaga di ajang F2 itu, belum punya SIM di F1.

So..., ini berkah buat Rio. Minimal, kita ada harapan besar nonton aksi Rio langsung di Singapura yang jaraknya dekat. Semoga tim pencari dana Rio pun bisa mengetuk sponsor Tanah Air yang ingin lihat pebalap Indonesia pertama jet darat membawa Merah-Putih di arena F1.

Aamiin. (Aries Susanto)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 mobilinanews.com All Right Reserved
frodo