Demo Awak Mobil Tangki di Depot Pertamina Plumpang Berangsur Pulih

Jum'at, 18/11/2016 15:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Aksi mogok yang dilakukan para Awak Mobil Tangki (AMT) di Depot Pertamina Plumpang baru-baru ini berangsur pulih. Menurut pihak PT Pertamina Patra Niaga sebagai penanggung jawab sekarang semua sudah kondusif dan proses distribusi BBM ke SPBU berjalan seperti biasa.

"Alhamdulillah masyarakat Jabodetabek tidak perlu resah dan proses distribusi tetap berjalan seperti biasa," sebut Gandhi Sriwidodo, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Rabu (16/11) di Gedung Pertamina Pusat, Medan Merdeka, Jakarta.

Ditambahkan Gandiy bahwa awak armada yang mereka miliki berjumlah total 1.178 orang, sementara yang melakukan demo itu sekitar 200 orang saja. Ditambah lagi awak AMT yang melakukan demo bukan karyawan tetap Pertamina Patra Niaga, tetapi karyawan outsourcing dari PT Sapta Sarana Sejahtera, mitra kerja PT Pertamina Patra Niaga.

"AMT yang mogok itu bukan karyawan tetap, tetapi dari pihak outsorcing PT Sapta Sarana Sejahtera, dan kami sudah berkali-kali melakukan upaya mediasi. Bahkan kemarin dimediasi langsung dengan Menaker. Beberapa tuntutan mereka bisa kami akomodir, seperti permintaan tunjangan pensiun, petugas pengatur rute yang sudah tidak kami pekerjakan, kami upayakan bisa berkarya kembali," jelas Gandhi terkait tuntutan pendemo.

Sebelumnya memang ada sekitar 8 orang petugas pengatur rute yang terpaksa diberhentikan akibat konsekuensi dari adanya sistem otomatisasi yang sekarang diterapkan di Depot Pertamina Plumpang.

Lanjutnya, hanya satu permintaan para pendemo yang tidak bisa dipenuhi adalah tuntutan untuk diangkat menjadi pegawai tetap PT Pertamina Patra Niaga. Alasannya karena antara para personil AMT dan perusahaannya tidak punya ikatan hukum secara langsung, tetapi lewat perantara, yakni PT Sapta Sarana Sejahtera.

"Untuk hal ini kami tetap berupaya menjadi jembatan komunikasi antara AMT dengan PT Sapta Sarana Sejahtera untuk memenuhi hak normatif mereka tersebut," pungkasnya.

Depot Pertamina Plumpang saat ini memang merupakan andalan dari PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III yang melayani permintaan BBM di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Plumpang bertanggung jawab untuk distribusi 819 SPBU khususnya di Jabodetabek, sehingga keberadaan Awak Mobil Tangki memang sangat vital dan dibutuhkan. (Zie)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine