Kawasaki Versys-X 250 Resmi Meluncur : Ini Kuda Besi Super Sport Touring Sejati

Rabu, 30/11/2016 18:24 WIB

mobilinanews (Tangerang) - Pabrikan Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menunjukkan kecerdikannya. Ketika dua raksasa Jepang lain bertarung di motor sport di lintasan, pabrikan berciri kelir hijau ini merilis produk berbasis motor adventure. Dijuluki Versys-X 250, sesuai kapasitas mesinnya, motor ini bisa disebut super sport touring.

Pilihan bermain di arena adventure ini bisa jadi kiat menghindari pertarungan dengan Honda dan Yamaha. “Kami bukan, dan tidak ingin menjadi penguasa pasar. Tapi kami ingin orang merasa spesial dengan memakai produk Kawasaki,” tegas Kazuya Ikebuchi, General Manajer Marketing PT. KMI, di acara perkenalan Versys 250 di rumah makan Telaga Sampireun, Bintaro, Tangerang-Banten, rabu (30/11).

Versys-X 250 bisa dibilang pelopor motor sport touring berkapasitas mesin sedang. Bodinya tegak, bersetang baplang, dengan raiser tinggi ala crosser, membuat motor ini lebih nyaman dikendarai untuk perjalanan jauh.

Spek jalan raya terlihat juga dari pilihan roda 17 inci dengan tapak lebar. Yang pasti bakalan lebih stabil digeber kencang di jalanan aspal mulus atau bergelombang. Meskipun suspensi depannya masih mengandalkan teleskopik , belum up-side down berpasangan dengan sokbreker tunggal unitrack, bisa dipastikan cukup nyaman dan stabil. Pasalnya, rangka anyar Versys-X 250 membuat jarak sumbu roda lebih panjang.

Kenyamanan ini juga muncul dari karakter bodinya yang terlihat kekar. Sadel pun terlihat nyaman diduduki pengendara dan boncenger. Tangki besar berkapasitas hingga 17 liter pasti cukup mendorong kuda besi ini hingga 400 kilometer lebih sekali isi bensin.

Ketika mobilinanews coba menduduki, tangan terasa santai mengepal setang. Handel kopling sangat ringan ditarik serasa tidak menarik apapun. Ketika dinaiki berboncengan, suspensi terasa lembut namun tidak terlalu empuk. Ini tandanya bakal nikmat digeber kecepatan tinggi di jalan raya.

Bicara dapur pacunya, terlihat jelas itu mesin 2 silinder dari Ninja 250RR Fi. Ini menunjukkan Kawasaki ingin memuaskan pecinta touring yang demen kecepatan tinggi.

Namun, demi kepentingan karakter sport touring yang mengejar torsi dan tenaga putaran menengah, Kawasaki mensiasatinya dari desain leher knalpot yang berkelok-kelok. Dengan mesin 2 silinder bawaan Ninja 250RR Fi, knalpot meliuk-liuk seperti ular kobra itu, memberi tenaga lebih kuat di putaran bawah.

"Basis mesin Versys-X 250 dan Ninja 250RR memang sama. Tapi rangkanya berbeda. Tentunya dengan fine tuning yang berbeda sesuai peruntukannya," beber Hiroyuki Wada, Project Leader Versys-X 250 dari Engineer Department, R&D Division, Motorcycle & Engine company, Kawasaki Heavy Industries.

Versys-X 250 baru akan membanjiri pasar Februari 2017. Banderolnya Rp 61.900.000. Sebagai pemuas, PT. KMI juga mempersiapkan versi Tourer dengan full aksesori touring. Dilengkapi lampu tambahan, engine dan body guard, hand guard serta sepasang boks. Dengan semua kelengkapan itu, Tourer diharga 11 juta lebih mahal.

Masih masuk akal. Apalagi kalau bicara untuk hobi! (Aries Susanto)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!