Didukung Honda, FDR dan Pertamax, Indospeed Race Series 2017 Ada 6 seri! Ini Jadwal Sementaranya

Jum'at, 02/12/2016 14:13 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Indospeed Race Series (IRS) benar-benar seperti perhelatan balap motor dunia MotoGP. Pembalap yang akan ikut di balapan yang cuma digelar di sirkuit permanent Sentul itu, sudah jauh-jauh hari bisa bersiap. Karena cuma di event milik IndoSPeed Indonesia inilah, jadwal 2017 sudah ditetapkan di akhir 2016.

Seperti diungkap Ketua pelaksana IRS, Stevi Gunardi, jadwal sementara IRS 2017 bisa keluar karena IndoSpeed Indonesia (II) digelar di sirkuit permanen Sentul. “Seperti 6 tahun sebelumnya, kami memang sudah bisa menetapkan jadwal dengan berpatokan pada jadwal dari sirkuit Sentul,” jelas Stevi.

IndoSpeed Indonesia memang pelopor, dan mungkin satu-satunya promotor yang masih rutin bikin event balap di sirkuit permanen Sentul. Seperti ide Pembina sekaligus pendiriya, Bambang Gunardi. Makanya, IRS ditunjuk sebagai gelaran level Kejuaraan Nasional (kejurnas) hingga 2018,  khusus motor sport.

“Kalau mau balapan road race yang benar, ya di sirkuit permanen. Itu baru bicara prestasi. Karena semua ada acuannya,” tegas Bambang yang baru saja dianugerahi sebagai anggota kehormatan Federation Internationale du Motocyclisme (FIM) CCR Biro.

Balik ke agenda IRS 2017. Stevi mengungkap, IRS 2017 masih tetap didukung Astra Honda Motor (AHM), pabrikan ban FDR, Pertamax Turbo dari Pertamina. “Kami masih berharap ada sponsor lain. Karena, kalau 6 tahun sebelumnya IRS rutin bikin 5 seri, 2017 ini  kami akan menambah jumlah seri jadi 6,” harap Stevi yang juga putra Bambang Gunardi.

Penambahan jadwal tidak lepas dari perkembangan kelas sport 150cc dan 250cc yang makin meriah. Ini kelas yang paling pas main di sirkuit Sentul. Lagipula, motor genre sport lagi digeber pabrikan sebagai andalan jualan. “Terutama YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, red) yang tahun lalu bikin kelas komunitas R25. Ini salah satu pendorong kita bikin jadi 6 seri,” tegas Stevi.

IRS pun bisa jadi ajang Suzuki Indonesia Sales (SIS) sebagai APM nyalakan nyali di arena balap. Apalagi Suzuki sudah akan merilis GSX-S dan GSX-R 150. “Harapan kami, dengan dibukanya kelas sport 150cc pemula IRS dan kejurnas, bisa mempercepat jenjang pembalap ke kelas sport yang lebih tinggi, di Asia, minimal,” tegas Bambang Gunardi.

Nah, kalau berniat berkarier sebagai pembalap dengan jenjang yang jelas, monggo persiapkan diri balap di IndoSpeed Race Series 2017. Mumpung masih banyak waktu. (Aries Susanto)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine