Race 1 AP250 Seri VI ARRC : Podium Galang Lepas Di Depan Mata, Mesin R25-nya Dimatikan Rider Jepang

Minggu, 04/12/2016 06:53 WIB

mobilinanews (Buriram) - Pasukan Yamaha Racing Indonesia (YRI) mempertontonkan pertarungan dramatis di race 1 kelas Asia Production (AP) 250, pada seri VI Asia Road Racing Championship, di Buriram, Thailand. Bahkan Galang Hendra, yang memimpin kontingen YRI di kelas paling seru itu, bikin semua peserta dan penonton di sirkuti Chang melotot, terkagum-kagum.

Galang sudah memukau sejak sesi kualifikasi. Ia mencetak waktu terbaik ketiga, sehingga ia memulai lomba di grid ketiga. “Sejak awal saya sudah yakin kemampuan R25 saya untuk bisa mengantar ke podium. Tinggal masalah strategi,” ungkap pembalap asal Yogyakarta itu.

Dan strategi yang dilakukan Galang pada balapan yang digelar sabtu (03/12) kemarin, sudah sangat tepat. Galang memilih bertarung aman sejak lap awal. Ia terus berada di rombongan depan. Karena kekuatan kuda-kuda pacu di kelas seperempat liter yang setara.

Hal ini juga dilakukan dua pembalap YRI lain, Rey Ratukore dan Syamsul Amin. “Saya dan tim sudah sepakat. Kita akan menerapkan strategi beraksi di lap terakhir,” bilang Galang yang baru berusia 17 itu.

Dan kejadian dramatis pun terjadi di lap terakhir. Kesabaran Galang mulai menunjukkan buah ketika kesalahan rider Thailand, Apiwat Wongthananon (Yamaha Thailand) membuatnya berada di urutan terdepan. Apiwat jatuh, diikuti Kasma Daniel (Yamaha Finson) dan Vorapong Malahuan (AP Honda).

Posisi pertama dengan beberapa tikungan menjelang finish, Galang siap memberi puncak podium pada tim Yamaha Racing Indonesia. Tapi, Galang justru dijegal pembalap Jepang, Takehiro Yamamoto yang ingin mengambil posisinya.

“Yamamoto masuk terlalu nekad. Dia jatuh. Tapi karena dekat, badannya sempat menyengggol tombol engine-off saya. Motor saya sempat mati,” papar Galang yang masih beruntung Yamaha R25-nya bisa hidup kembali dan finish ke-7.

Toh tim Yamaha Racing Indonesia masih berbangga. Karena pembalap tim satelitnya, Imanuel Pratna (Yamaha Traxx-D TJM Bien) masih bisa finish 5 besar. “Kejadian itu memberi pelajaran buat saya. Kekuatan motor kami sama. Saya rasa kalau tim Yamaha Indonesaia kerjasama, race kedua kita bisa podium,” papar Imanuel.

Juara pertama dan kedua race 1 kelas AP250 direbut pembalap Yamaha Thailand, Anupab Sarmoon dan Peerapong Loiboonpeng. Podium terakhir race 1 direbut Yasuke Nakamura (Akeno Speed WJR).

“Tiga pembalap Yamaha Racing Indonesia sudah tunjukkan performa terbaik. Kami hanya belum beruntung. Tapi, ini jadi pelajaran. Karena kami ingin podium di race kedua,” tegas Wahyu Rusmayadi, manajer tim Yamaha Racing Indonesia. (Aries Susanto)

Berikut Hasil Lengkap Race 1 Asia Production 250

TERKINI
MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara Kelas OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024