Di sisi Bukit Salero Lahat, Venue Final IOF National Championship Ideal Di Mata Offroader

Minggu, 11/12/2016 18:50 WIB

mobilinanews (Lahat) - Lokasi final IOF National Championship (IOFNC) yang berakhir Minggu (11/12) malam dinilai sangat ideal. Terdiri dari perpaduan bebatuan, tanah liat dan air yang mengalir langsung dari sumbernya di desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat, Lahat, menjadi tantangan seru.

“Saya kira, ini venue paling ideal, karena berbagai perpaduan yang ada. Dan itu daya tarik paling utama para offroader yang datang dari  berbagai daerah di Indonesia,” ujar Aswari Rivai, tuan rumah IOFNC 2016 pada mobilinanews.

Aswari yang offroader senior, dan ketua Pengda IOF Sumatera Selatan, memang menyiapkan venue di sisi Bukit Selero sejak 2012 untuk event offroad. Saat itu, di lokasi yang sama juga dilangsungkan event serupa. Hanya tambahannya, dilanjutkan ‘turing’ dengan finish di Monas.

Hal itu diamini Joko Pramana, offroader papan atas dari Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah yang ikutan di final IOF, di Lahat. “Paling top deh, di sini. Makanya saya semangat ikutan offroad di tempatnya Kak Wari ini. Berharap tahun depan final digelar di sini aja,” ungkap Jaka.

Askar Kartiwa, Ketua Umum IOF Pusat yang juga offroader senior melihat kontur tanah di Lahat sangat mendukung. “Ada beberapa venue bagus di Indonesia, seperti Srongpass di Jawa Tengah, atau di Kalimantan. Namun Bukit Salero ini sangat ideal,” tuturnya.

Yang menarik, meski lokasi agak jauh dari pemukiman, penonton yang datang membludak. Malah banyak datang sekeluarga bawa mobil, seperti piknik. Dan ini juga diperkuat pengakuan Aswari Rivai.

“Orang Lahat itu sudah biasa dengan kegiatan otomotif. Menjadi hiburan tersendiri. Tidak hanya offroad, tapi juga motocross. Apalagi mereka tahu yang bikin event Bupatinya hehe,” bangga Aswari yang juga Bupati Lahat itu.

Untuk menggelar final IOFNC 2016, Aswari merogoh kocek pribadinya hingga Rp 400 juta. Dan semua offroader hepi karena Bupati yang penggila offroad ini datang ke venue setiap hari. Bahkan di hari terakhir, Aswari datang 2 kali. Pagi sebentar kemudian kondangan ke rumah warga dan siangnya kembali ke lokasi hingga penyerahan hadiah.

Itulah enaknya, kalau penyelenggara event memiliki passion di offroad, seperti Aswari ini. Selamat, ya Pak! (budsan)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine