8 Keunikan Yamaha DT100 Yang Diincar Kolektor, Dan Kiat Optimasi Performanya

Minggu, 22/01/2017 10:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Bersyukurlah jika brother en sister punya Yamaha Enduro DT100. Karena, motor ini punya 8 kelebihan yang membuatnya jadi barang incaran para kolektor alias collector item motor garuk tanah. Kenali biar motor sobat semua makin tinggi nilainya.

Sekilas, motor trail yang muncul dengan kapasitas 50cc sampai 400cc itu punya banyak keunggulan. Sehingga kuda besi yang lahir di era 60-an akhir, saat industri motor di Amerika terpuruk, memiliki masih memiliki harga yang fantastis. Di komunitas pecinta trail, motor berciri khas kelir kuning dan merah striping hitam ini, harganya bisa puluhan juta, tergantung kondisi si motor.

Mahalanya nilai DT100 dikarenakan setidaknya ada 7 keunikan dasar. Pertama, bentuk jok berengsel yang membuka kesamping. Ini bukti desainer DT telah berpikir jauh ke depan. Karena desain ini menyediakan kompartemen penyimpanan multifungsi, buat penyimpanan tools, dan oli samping.

Di buritan, sebagai motor adventur, DT punya bagasi di behel belakang. Ini menjadi tempat peletakan barang bawaan di luar tools. Semisal, tas bawaan minimalis, hingga tenda peruntukan menginap di alam terbuka bisa disematkan di sini. Bagasi ini juga berfungsi sebagai tumpuan jika pemilik DT ingin menggeser posisi motor.

Kelebihan ketiga, ada pada desain lekuk knalpot yang unik. Untuk alasan safety dan kenyamanan riders DT, pabrikan mendisain lekukan gas buang di kolong rangka, tanpa menyembul ke bagian samping motor yang dapat membahayakan penggunanya. Melirik versi standarnya ada tameng berbahan stainless steel yang sekaligus berfungsi sebagai branding yang keren punya, bertuliskan Enduro.

Sekarang lirik kampas rem dan gir-setnya. Komponen ini mirip generasi Yamaha terbaru seperti RX-King atau RX100. Jadi, mudah perawatan. Sedangkan tromol belakang tanpa nap gir terpisah yang terkenal kuat dan bandel. Awet, Bro! Malah, saat ini menjadi buruan bagi komunitas grasstrack yang bermodalkan motor bebek.

Keunggulan berikutnya, desain lampu depan dan sein belakang. Kalau diperhatikan, bentuk membulat senada tangki bensin. Sektor lampu yang bulat minimalis menjadi salah satu penciri DT. Kedua lampu ini menjadi idola buruan para modifikator yang ingin membangun nuansa motor klasik di modifikasi ubahannya.

Tangki juga jadi kelebihan keenam. Karena tangki bensin yang kuat dapat menjadi dudukan riders-nya untuk bermanuver. Desain tangki DT sangat dicari modifikator trail bergaya vintage. Coba lihat tutup tangkinya yang beranak kunci. Ini membuatnya mumpuni saat DT harus berkubang dalam lumpur.

Kaki belakang pun jadi keunggulan DT100. Swing-arm bulat yang kekar diincar penggila motor jap style. Sebab, dudukan double-shock lebih presisi. Lagipula pemasangannya simple. Karena tipe H, bukannya A kayak yang kini banyak diproduksi.

Keunggulan terakhir, gigi rasionya yang jadi buruan para penyuka kecepatan. Perbandingan giginya pas. Kerapatan susunannya banyak dibutuhkan para mekanik yang hobi  grass track.

Nah, supaya 8 kelebihan tadi makin mentereng, menurut Topo Goedel, DT100 masih bisa ditingkatkan. Utamanya di kaki depan, sokbreker bisa pakai milik KLX 150. Sokbreker belakang juga bisa pakai produk after-market. “Rem depan bisa ganti cakram. Tapi, rem belakang biarkan sistem teromol. Karena itu ciri DT,” usul Topo Goedel, mekanik rumah  modifikasi Tauco Custom di kawasan Depok.

Untuk dongkrak performa mesinnya, bisa pembesaran silinder, perbaiki sistim pengapian, karburator serta knalpot. So, mari berburu Yamaha DT100! (aditya oka)

TERKINI
GAC Aion Pakai Chasis Baterai Generasi Ke-3, Buat Mobil Listrik Lebih Aman Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Toyota Veloz 2024, Mobil Keluarga yang Jadi Musuh SPBU karena Irit Bahan Bakar Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan