M Fadli, Juara Balap Motor Asia Yang Kakinya Diamputasi Itu Kini Banting Setir Jadi Pebalap Sepeda

Sabtu, 25/02/2017 17:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Siapa tak kenal M Fadli Imammudin. Pebalap motor juara Asia yang sempat mengalami kecelakaan tragis di sirkuit Sentul, pada medio 2015 itu, kini banting setir jadi pebalap sepeda.

Menariknya, event balap sepeda Asia yang akan dilangsungkan di Manama, Bahrain pada 27 Februari 2017 itu berlabel Paracycling alias dengan peserta difabel. Seperti diketahui, akhirnya separoh kaki kiri Fadli harus diamputasi menyusul ditabrak pebalap Thailand di Sentul itu.

Takdir itu itu datang ketika Fadli bertemu dengan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PP ISSI), Raja Sapta Oktohari pada akhir 2016. Raja menawarkan Fadli untuk berlaga di Kejuaraan Balap Sepeda Asia (ACC), 22 Februari – 3 Maret 2017.

Tawaran itu pun langsung diterima mantan pebalap Vespa, juara nasional dan juara Asia balap motor itu. Terbukanya karier baru menjadi pesepeda membuat Fadli seakan kembali menemukan bagian hidupnya yang hilang.

Rasa malas pun berubah menjadi gairah baru. Ayah Muhammad Ali Imammudin (1,5 tahun) itu kini memiliki target baru yakni menjadi jawara paracycling, balap sepeda untuk difabel.

Suami Dyah Asri Astyavi itu akan turun di nomor Individual Time Trial kategori C4 dengan jarak tempuh 30 mkm. Fadli dijadwalkan bertanding pada Seninm 27 Februari 2017.

Lalu apa target Fadli di event perdananya itu?

“Nggak pasang target dulu. Saya kan masih baru. Jadi ya ikutin saja dulu. Karena belum ada gambaran sama sekali. Yang penting usaha sebaik mungkin saja,” ujar Fadli.

Toh pria asal Cibinong yang juga membuka sekolah balap motor 43 di sirkuit Gokart Sentul ini, sudah membidik prestasi pada kejuaraan ke depan seperti ASEAN Para Games 2017, Asian Para Games 2018 serta Paralimpiade Tokyo 2020.

Fadli kini fokus menggembleng dirinya untuk kembali ke jalur juara di cabang sepeda, tanpa bayang-bayang masa lalunya.

“Karier balap motor saya sudah tutup buka dengan kondisi kaki saya. Sekarang, sudah berbeda. Balap sepeda menjadi kehidupan saya yang kedua,” ungkap Fadli yang lama memperkuat tim Astra Honda Motor sambil mengayuh sepeda home trainer-nya di rumahnya kawasan Bukit Sentul, Bogor. (budsan)  

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine