MotoGP 2017 LeMans: Modal 12 Kali Podium, Rossi SiapTarung Basah Maupun Kering

Jum'at, 19/05/2017 10:14 WIB

mobilinanews (Perancis): LeMans memang berada di bumi Perancis, tapi atmosfer Italiano selalu kental saat GP Prancis dihelat di Sirkuit LeMans. Anak-anak motor Italia biasanya datang ramai-ramai mengendarai motornya dan berkemah di sekitar sirkuit.

Itu yang bikin Valentino Rossi selalu on fire, apalagi lay out sirkuit sepanjang 4,2 km itu sangat disukainya. Hasilnya adalah 12 kali podium di LeMans, termasuk tiga kemenangan pada 2002, 2005 dan 2008.

Kemenangan kali keempat disasar pada Minggu (21/5) sekaligus kemenangan perdana musim 2017. Target realistis karena The Doctor finish runner up beruntun pada 2014, 2015 dan 2016.

Tapi, melihat performa M1-nya musim ini, target itu tentu tanda tanya besar. Di GPJerez maupun tes sehari sesudahnya, Rossi sangat lamban akibat lemahnya grip ban.

Saat tes, misalnya, ia hanya urutan 21 sementara rekan setimnya, Maverick Vinales, jadi numero uno. Masih optimiskah The Doctor?

“Tes Jerez lalu menghasilkan beberapa hal sangat penting. Masih harus kerja ekstra keras membangun motor yang benar-benar kompetitif. Mudah-mudahan tak hujan karena saya ingin menguji beberapa hal detil di lintasan kering,” kata Rossi yang posisinya di puncak klasemen terancam oleh Vinales maupun Marc Marquez.

Saat raceday, The Doctor tentu siap tarung kalaupun balapan berlangsung hujan alias wet race. Seperti disebut Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli, kedua pebalapnya juga dilengkapi basis set up lintasan basah karena cuaca di LeMans acap berubah. (andro)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine