Benarkah Gokart Rok Cup Lebih Bergengsi Ketimbang Rotax, Simak Fakta Ini!

Kamis, 25/05/2017 22:36 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pada akhir pekan lalu berlangsung 2 event gokart di Singapura dan Malaysia secara bersamaan. Rok Cup Asia seri 4 digelar di sirkuit KF1 Singapura, Asia Max Challenge (AMC) di Elite Speedway, Malaysia.

Yang menarik, di 2 event gokart regional itu diserbu para pegokart Indonesia. Apalagi keduanya dengan iming-iming para juaranya mengikuti grand final di Eropa.

Tapi secara kualitas dan gengsi, manakah yang lebih unggul?

Lihat fakta ini. Yang turun di KF1 Singapura tercatat nama para juara nasional Silvano Christian, Keanon Santoso (senior) Rava Mahpud, M Tirta Chandra Alim (junior), Sergio Noor, Daffa AB, Maouri Simon (mini rok), Eris Mahpud, Firhand Ali (master). Juga ada new comer Diptya Okta Dewa yang sudah menunjukkan tajinya dengan mengalahkan pebalap seperti Rifki Rakamulya.

Sedang yang turun di Elite Speedway Subang Malaysia diantaranya Agi Borneo, Prassetyo Hardja, Rakamulya, hingga Akmal Assibly.

Hebatnya, beberapa nama yang ikut di AMC Malaysia itu hampir semua naik podium. Termasuk Rakamulya yang baru masuk ajang gokart dan veteran  Zahir Ali yang kembali turun sekadar menyalurkan hobi dan untuk mencari keringat.

Di sisi lain, ketika mereka bersatu di event kejurnas gokart Sentul, Bogor, podium juara dikuasai Sergio, Daffa, Maouri, Rava, Tirta, Gezha, Keanon dan Silvano. Dari kelas Mini Rok, Junior hingga senior.

Dari paramater ini jelas bisa dilihat event mana yang lebih berkualitas, dan menjadi acuan para pegokart. Tapi kalau sekadar mau naik podium ya ikut AMC saja yang kompetisinya udah bisa dilihat.

Pegokart sekelas Silvano Christian pun saat ini berlomba di ajang Rok Cup. Meski, jawara kelas senior ini memiliki alasan tersendiri.

"Kan Silvano sekarang di tim Riser Shadaff. Terus kalau Silvano di AMC sudah terlalu lama di Senior Rotax Max," ujar Silvano kepada mobilinanews.

Namun diakui oleh penguasa kelas senior Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini bahwa peserta balap rotax max menurun. Salah satu penyebabnya karena hadirnya gokart versi lain di region Asia yakni Rok Cup dan X30 yang lebih menarik, atraktif dan inovatif.

Jika begitu, terserah mau pilih yang mana sesuai dengan kepentingan masing-masing. (budsan)

TERKINI
Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali