Alex Noerdin, Dari MotoGP ke MXGP 2018?

Sabtu, 03/06/2017 19:22 WIB

mobilinanews (Palembang) – Motorsport itu atraktif dan dinamis. Setelah pada awal Maret lalu kejuaraan dunia motocross MXGP digelar di Pangkalpinang, Bangka Belitung, kemungkinan besar tahun depan akan berpindah ke Palembang, Sumatera Selatan.

Hal itu ditandai pertemuan antara Gubernur Sumsel Ir. H Alex Noerdin dengan promotor lokal sekaligus pemegang hak penyelenggaraan MXGP di Indonesia, A Judiarto di Griya Agung, Palembang, Selasa (30/5).

Judiarto didampingi Bupati Lahat yang menggila otomotif, H. Aswari Rivai SE, Audy Bunyamin (Ketum IMI Sumsel), Drs. H. Yusuf Wibowo, MSi (Kadispora).

"Insyaallah  Maret 2018 di kawasan Jakabaring. Tidak perlu terlalu luas karena fasiltas parkir kita sudah ada. Jadi membuat sirkuit kejuaraan dunia motocross MXGP tidak perlu membutuhkan areal yang begitu luas,” ujar Alex Noerdin.

Pemprov Sumsel berencana membangun sirkuit motocross di atas lahan milik Pemprov seluas 7 hektar yang berlokasi di Jakabaring, Palembang.

Alex Noerdin mengatakan hal itu sehubungan dengan ditawarkannya Sumsel menjadi tuan rumah kejuaraan dunia motocross  MXGP yang akan diselenggarakan pada Maret 2018.

Dipilihnya Jakabaring, menurut orang nomor satu di Sumsel ini, selain lahan telah ada di Jakabaring juga telah memiliki area parkir yang cukup luas. Sehingga Sumsel bisa menjadi tuan rumah motocross kelas dunia sama seperti yang telah dilakukan Pangkalpinang.

Meski sudah bertemu, namun menurut Judiarto belum dilakukan MOU. “Kami membutuhkan MOU agar bisa saya teruskan kepada Youthstream selaku promotor MXGP,” ujar Judiarto kepada mobilinanews.

Kabarnya, tidak hanya Palembang yang berminat menggelar seri MXGP, melainkan juga ada beberapa daerah lainnya di Indonesia. Diantaranya Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan dan Pangkalpinang. Memang dibanding MotoGP, menggelar MXGP jauh lebih murah dan cepat pembangunan sirkuitnya.

Bagaimana dengan rencana sirkuit MotoGP, Pak Alex? (budsan)

TERKINI
Presiden Jokowi Puji Pameran PEVS 2024 dan Berkeliling Diberbagai Jenis Kendaran Listrik PEVS 2024, Ajang Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia Pelanggan Setia Castrol Dapat Hadiah Miliaran Dari Program Gaspol Castrol Cloud EV Media Dynamic Impression Jadi Momen Istimewa Merasakan EV Terbaru Wuling