Sirkuit Balap Baru Akan Dibangun Di Jababeka, Untuk Motor & Mobil, Panjang 2 Km

Rabu, 14/06/2017 16:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Guna menampung aspirasi balap yang semakin bertumbuh, akan dibangun sirkuit balap baru di kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

“Sirkuit ini bukan untuk menyaingi sirkuit Sentul International. Karena panjangnya maksimal hanya 2 kilometer, diperuntukkan buat balap motor, gokart dan untuk event roda empat yakni slalom dan drifting,” ujar Rifat Sungkar, kreator sirkuit Jababeka.

Rifat tidak sendirian, tetapi berkongsi dengan pegokart senior, Firhand Ali. Pihak Jababeka telah menyiapkan lahan seluas 6 hektar. Sekarang tengah disiapkan desain sirkuitnya.

“Saya akan ke Belanda dulu untuk melakukan studi banding untuk pembuatan sirkuit Jababeka. Setelah itu, desain/lay out sirkuit Jababeka akan segera didiskusikan dengan IMI Pusat. Insyallah, akhir tahun depan sirkuit sudah bisa terwujud,” ujar Rifat yang juga pengurus IMI Pusat.

Lalu, bagaimana soal pendanaan?  “Itu juga yang masih kita godok. Yang jelas, kami akan melibatkan banyak produsen di bidang otomotif untuk ikut membantu pembangunan sirkuit. Ya, win win solution tentunya,” lanjut pereli international itu.

Tak hanya itu, nantinya juga akan dibangun sirkuit yang sama di daerah lain. “Mungkin di daerah Banten. Kita perlu banyak sirkuit balap sebagai peninggalan untuk anak cucu kita nanti,” ungkap Rifat.

Maka itu Rifat sangat apresiatif atas lahirnya sirkuit Manggul, Lahat, Sumatera Selatan, yang sekarang menjadi perbincangan dan viral di mana-mana. Tidak perlu sirkuit besar, tetapi bisa untuk menampung kegiatan balap roda dua dan empat. (budsan)  

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!