Test Drive: Menguak Rahasia Honda Civic Hatchback Turbo

Kamis, 15/06/2017 02:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar acara test drive yang diikuti oleh puluhan jurnalis otomotif nasional pada Rabu (13/6) malam. Meski durasi waktu yang diberikan cukup terbatas namun redaksi mobilinanews mencoba memaksimalkan waktu yang ada untuk mengeksplorasi kenyamanan yang ditawarkan oleh Honda Civic Hatchback Turbo yang baru saja diluncurkan pada Jumat (4/6). 

Secara keseluruhan, spesifikasi Civic Hatchback Turbo memang tidak jauh berbeda dengan versi sedan. Hanya saja dimensi tipe hatchback menawarkan nuansa sport yang benar-benar merepresentasikan DNA Sport ciri khas Honda. 

Menyandang status sebagai pelopor penjualan Honda sejak tahun 1973, Honda Civic Hatchback kini hadir dengan teknologi yang begitu canggih. Pihak HPM mengklaim bahwa Civic Hatchback Turbo dirancang dengan tiga pilar utama antara lain Charismatic, Soulful, dan Comfortable. Ketiga pilar tersebut diwakili oleh desain eksterior, interior, fitur, serta tenaga mesin. 

Desain bumper depan sangat agresif dengan penggunaan LED Headlight untuk varian E dan projector Headlamp untuk varian S. Semua varian juga dilengkapi LED Daytime Running Light (DRL). Penambahaan LED Fog Lamp dan Side Position Lamp juga menambah kesan sporty pada bagian samping sekaligus menambah aspek safety. 

Begitupun di bagian belakang, Rear Cobi Lamp serta LED Light Bars dengan desain meruncing membuat mobil ini sangat seksi. Pengaplikasian Dual Exhaust Pipe tidak hanya meningkatkan efisiensi gas emisi, namun juga meningkatkan performa mesin. 

Melirik ke interior, tak perlu diragukan nuansa premiun langsung terasa, ditambah dengan Meter Cluster dengan Multi information LCD Display. Sementara dari sisi entertainment, terdapat sistem audio video yang canggih layar sentuh 7 inchi dengan teknologi wireless mirroring untuk smartphone berbasis Androind dan IOS. 

Puas menikmati keseksian dan kenyamanan di dalam kabin, saatnya menjajal Civic Hatchback Turbo di jalanan ibukota. Hujan rintik-rintik di jalanan kota Jakarta menemani sesi tes drive kali ini. 

Sesuai dengan tema test drive yakni Drive Sexiness, Civic Hatchback Turbo nyatanya memang membuat pengendara akan merasa seksi. Raungan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology menjadi hal yang paling menarik untuk dieksplor. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 173 ps pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kgm pada 5.500 rpm. 

Belum lagi fitur paddle shift yang menawarkan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan. Kesimpulannya, mobil ini memenuhi semua persyaratan untuk memuaskan kenikmatan berkendara. Tak hanya di tengah kemacetan Jakarta namun juga diperjalan jauh sekalipun. Fitur Econ juga secara otomotis mengatur kerja mesin dan efisiensi bahan bakar. 

Sementara itu, aspek safety juga hadir dalam paket komplit seperti Electric Parking Brake serta Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis di jalan menanjak dan menurun. Adapun fitur lainnya yaitu Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, rem ABS, hingga Emergency Stop Signal. 

Dengan profil yang begitu sensasional HPM membanderol Civic Hatchback Turbo dengan harga Rp. 438 juta untuk tipe E dan Rp 399 juta untuk tipe S. (adri)

 

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine