Ini Dia Enam Catatan Kontroversial Vettel di Formula 1

Selasa, 04/07/2017 01:53 WIB

mobilinanews - Siapa yang tak mengenal Sebastian Vettel, pemegang empat gelar juara dunia F1 ini layak disebut sebagai pebalap F1 terbaik dalam satu dasawarsa terakhir. 

Namun lepas dari prestasi dan pencapaian mengagumkan di balap jet darat, Vettel ternyata kerap menghadirkan kontroversi yang membuat F1 masih menarik disimak. 

Sepanjang karirnya, tercatat ada beberapa hal kontroversi yang dilakukan Vettel. Apa saja?

1. Menirukan gaya bicara Kimi Raikkonen

Selain dikenal sebagai pribadi yang emosional, Vettel juga memiliki selera humor. Tak jarang ia sering membuat audiens tertawa di banyak kesempatan seperti saat konferensi pers ataupun dalam sambutannya di kala menerima award. Hal yang paling konyol dilakukan Vettel salah satunya adalah saat menerima penghargaan dari Autosport, saat itu Vettel ditanyai pendapat soal Kimi Raikkonen, lalu ia pun menjawab pertanyaan dengan menirukan gaya bicara dan logat Kimi Raikkonen. Sontak para penonton tertawa terbahak-bahak.

2. Tabrakan dengan rekan setim

Tak hanya diluar trek, beberapa kejadian konyol juga pernah dilakukan Vettel saat didalam lintasan. Tepatnya pada tahun 2010 saat Vettel masih tergabung di tim Red Bull. Saat memperebutkan posisi pertama di GP Turki, Vettel saat itu bersaing dengan rekan setim Mark Webber. Alih-alih Red Bull akan finish 1-2, Vettel justru melakukan manuver yang kurang matang hingga keduanya mengalami kontak dan sama-sama kehilangan poin. 

 

3. Abaikan Team Order dan berselisih dengan Mark Webber

Kejadian ini terjadi di F1 Grand Prix Malaysia 2013. Saat itu duo Red Bull memimpin balapan di posisi 1 dan 2. Tim Red Bull menginstruksikan kedua pebalap untuk mempertahankan posisi. Namun Vettel yang menempati posisi kedua mengabaikan instruksi tim dan menyalip rekan setimnya Webber di lap akhir. Kejadian melatarbelakangi kisruh internal tim sepanjang musim.

 

4. Cetak sejarah di usia 26 tahun

Hal yang menarik tingkahnya yang kontroversi Vettel tetaplah masuk dalam list legenda F1. Bagaimana tidak di usianya yang ke-26 tahun ia telah membukukan empat gelar juara dunia F1 yang membuatnya setara dengan legenda F1 lainnya seperti Alain Prost, hanya kalah dari Michael Schumacher dan Juan Manuel Fangio. 

 

5. Berkata kasar di komunikasi radio

Insiden ini terjadi di GP Meksiko tahun lalu, tensi tinggi saat balapan membuat Direktur Balap FIA, Charlie Whiting jadi korban kata-kata kasar Vettel. Namun Vettel akhirnya bebas dari sangsi.

 

6. Insiden GP Baku 2017 (Vettel vs Hamilton)

Paling anyar adalah insiden Grand Prix Baku, Azerbaijan beberapa waktu lalu. Vettel seperti kesetanan dan tak mampu mengendalikan emosi saat saya depan mobilnya menghantam bagian belakang mobil Hamilton. Vettel mengklaim Hamilton sengaja melakukan pengereman tiba-tiba saat start ulang. Ia pun merespon dengan sengaja menyenggol mobil Hamilton dari sisi kiri. Kejadian ini membuat Vettel akan mendapat sangsi berat dari FIA. (adri)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!