F1 Austria: Bottas Menang, Vettel Senang, Hamilton Berjuang

Minggu, 09/07/2017 22:51 WIB

mobilinanews (Spielberg) - Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas akhirnya memenangi balapan F1 Grand Prix Austria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (9/8). Posisi kedua ditempati pebalap Ferrari Sebastian Vettel disusul pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo di urutan ketiga.

Bagi Vettel hasil balapan di Austria sangat penting karena ia memperlebar jarak poin dari Hamilton yang kali ini harus puas finish di posisi keempat.

Hamilton yang mendapat penalti karena penggantian gearbox harus kerja ekstra karena start dari urutan ke-8. Tak butuh waktu lama bagi untuk memperbaiki posisinya hingga menempati posisi ke-6 setelah menyalip Esteban Ocon dan Sergio Perez.

Sadar ia tak boleh kehilangan poin, Hamilton pun terus berusaha menusuk ke depan. Ia pun kembali melewati Grosjean untuk mengambil posisi kelima dan menempel Kimi Raikkonen untuk posisi keempat.

Sementara itu drama menarik juga hadir di barisan depan dimana Valtteri Bottas terindikasi melakukan jump start. Namun race director menyatakan Bottas tidak melakukan pelanggaran.

Di race kali ini, kesialan juga menimpa beberapa pebalap seperti Max Verstappen yang melintir di lap pertama sehingga ia pun harus kembali ke pit stop. Begitupun dengan Fernando Alonso juga harus keluar lintasan lebih awal dan gagal finish.

Tontonan menarik justru tersaji pada lap-lap terakhir saat Vettel sudah mulai mengejar Bottas. Banyak yang menanti aksi Vettel untuk mengambil alih posisi pertama namun sayangnya itu tidak terjadi hingga bendera finish berkibar. Sedangkan Hamilton juga memastikan posisi keempat setelah gagal mengejar Ricciardo di posisi ketiga. (adri)

Hasil lengkap F1 Grand Prix Austria:

1. Valtteri Bottas FIN Mercedes - Mercedes 71 laps, 1m 21m 48.527s
2. Sebastian Vettel GER Ferrari - Ferrari +0.658s
3. Daniel Ricciardo AUS Red Bull - TAG +6.012s
4. Lewis Hamilton GBR Mercedes - Mercedes +7.430s
5. Kimi Raikkonen FIN Ferrari - Ferrari +20.370s

 
6. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1m 13.160s
7. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
8. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +1 lap
9. Felipe Massa BRA Williams - Mercedes +1 lap
10. Lance Stroll CAN Williams - Mercedes +1 lap

11. Jolyon Palmer GBR Renault - Renault +1 lap
12. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda +1 lap
13. Nico Hulkenberg GER Renault - Renault +1 lap
14. Pascal Wehrlein GER Sauber - Ferrari +1 lap
15. Marcus Ericsson SWE Sauber - Ferrari +2 laps
16. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault +3 laps

Did not finish

Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault
Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari
Fernando Alonso ESP McLaren-Honda
Max Verstappen NED Red Bull - TAG

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine