Berkat Sirkuit Baru, Motorsport di Singkawang Semakin Benderang

Sabtu, 15/07/2017 10:07 WIB

mobilinanews (Singkawang) - Kota Singkawang yang berada di Kalimantan Barat memiliki nama lain San Keuw Jong dari Bahasa Hakka. Terletak sekitar 145 km sebelah utara kota Pontianak, ibukota Kalimantan Barat. Seperti apa perkembangan otomotif di sana?

"Di Singkawang, baru ada 5 club yang terdaftar di Pengpriov IMI Kalimantan Barat. Kelimanya yaitu Chelsy Otomotif Club, Singkawang Racing Club, Palapa Sport Club,  Singkawang Otomotif  Sport dan ada satu lagi," jelas Samhadi, Koordinator Wilayah IMI Singkawang.

Seiring perkembangan waktu, daerah yang dikelilingi pegunungan Pasi, Poteng dan Sakok ini mulai dikenal. Sebut saja nama Hadi Wijaya, pebalap motor nasional yang telah mengaspal di tingkat Asia. Bahkan Juara Asean selama 3 tahun berturut-turut.

Manfaat adanya sirkuit permanen mulai terasa. Sirkuit Pasir Panjang Indah berjarak 17 km dari Singkawang baru saja menggelar Kejurnas Balap Motor. Putaran perdana Motorprix Region 4 pada April lalu menjadi barometer perkembangan motorsport.

"Namun masih banyak yang harus dibenahi. Sirkuit perlu perhatian Pemko dan Pemprov. Kalau perlu nasional dari Kemenpora. Apalagi sirkuit mau dipakai latihan sehari-hari," harap Samhadi. Fasilitas yang harus dibenahi seperti tribun dan pagar pengaman penonton.

"Kondisi sekarang cukup berbahaya. Sering terjadi kecelakaan berat. Korban terakhir Dimas jatuh di R3. Kami punya pebalap andalan yang bertalenta," beber lelaki berusia 42 tahun ini sambil menyebut nama Faruq Faisal, Rio Jenggo dan Andre Aprilia.

Andre merupakan anak tertua Lily Andry, mantan pebalap kebanggaan Singkawang era 1990-2000an. Apalagi Lily sekarang Ketua KONI Kota Singkawang. Saat di sirkuit menjadi manager Andre Aprilia, sang putra.

Di luar itu, club baru bermunculan seperti MotorHead, King Retle, Club Teplo dan JS Racing. Intinya semakin sering digelar event, semakin berkembang dunia otomotif," pungkas Samhadi.

Setuju! (BangVe)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine