F1 2017 : Ganti Honda ke Renault, Alternatif McLaren Pertahankan Alonso

Selasa, 01/08/2017 23:48 WIB

mobilinanews (Budapest) – Double point di GP Hongaria jadi raihan terbaik McLaren musim ini. Kedua driver masuk zona poin 10 Besar, tapi itu belum menggaransi Honda tetap menjadi suplaier mesin.

Berkolaborasi sejak musim 2015, tim legendaris ini memang tak puas dengan kinerja Honda.

Fernando Alonso memang puas finish P6 di Hongaria, begitupun Stoffel Vandoorne di urutan ke-10. Tapi, itu hanya sesaat. Prestasi itu lebih ditentukan oleh karakter sirkuit lambat Hungaroring yang tidak terlampau membutuhkan power mesin, area yang dinilai jadi kelemahan tim.

Itu juga yang membuat Alonso cs rada pesimistis masuk destinasi berikutnya, Spa-Francorchamps (GP Belgia) dan Monza (GP Italia), yang dikenal sebagai trek berkarakter cepat dimana power menjadi faktor kunci.

COO McLaren, Jonathan Neale mengakui kelangsungan kerjasama dengan Honda akan ditentukan dalam 4 atau 5 pekan ke depan. Sangat bergantung pada terobosan yang dilakukan Honda untuk musim depan.

Alternatifnya adalah ganti mesin ke Renault, pabrikan yang memberi gelar 2005 dan 2006 buat Alonso.

“Kami berharap ada salah satu solusi yang mampu membuat Alonso bertahan dalam tim,” katanya.

Selain Renault, Ferrari dan Mercedes juga menjadi alternatif berikutnya dengan kecenderungan pakai Mercedes.

 “Rasanya tak elok pakai Ferrari, rival utama McLaren sepanjang sejarah tim di F1. Sekitar September nantilah semuanya akan jelas,” ujar Neale yang tak ingin lagi dapat keluhan dari pebalapnya. (andro)

TERKINI
Dukung Pengembangan Pendidikan Vokasi, AHM-Wahana Makmur Sejati Buka Teaching Factory di Tangerang MMKSI Luncurkan Pajero Sport dan New Xpander Cross Limited Edition, Hanya 800 Unit di Indonesia! Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Cara Mudah Merawat Cat Doff Pada Kendaraan, Yuk Simak!