MotoGP 2017 Aragon: Marquez Semakin Laju, Berat Buat Vinales

Minggu, 24/09/2017 21:40 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Finish 1-2 Marc Marquez dan Dani Pedrosa di GP Aragon, Spanyol, Minggu (24/7)  membuat rivalitas perburuan gelar kembali melar. Unggul 16 poin bikin Marquez bisa lebih nyaman menyongsong 4 seri terakhir.

Duet Marquez dan Pedrosa kembali membuktikan dominasi mereka pada trek-trek anticlockwise yang dominan tikungan kiri. Padahal keduanya  start dari urutan 5 dan 6.

Marquez juga ikut diuntungkan keberhasilan Jorge Lorenzo di podium ketiga, karena ikut memangkas poin Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales yang men jadi rival perburuan trofi musim ini.

Dovi kini tertinggal 16 angka dari Marquez yang harus dikejar dalam 4 laga sisa. Beda dengan Vinales yang peluangnya semakin berat karena kini defisit 29 poin.

Marquez akui selisih poin yang tadinya sama dengan Dovi memang kini sangat menguntungkannya pertahankan gelar musim ini. Ia hanya perlu fokus memenej poin seperti taktik tahun lalu.

"Itu diraih lewat perjuangan sangat keras di sini. Saya ambil resiko saat menyalip Dovi dan Lorenzo," kata Marquez.

Pakai komposisi.ban medium-medium, katanya, membuat strategi menyerang di lap-lao akhir berjalan seperti rencana.

Baru di lap 12 bisa menyalip Valentino Rossi dan 3 lap berikutnya mengambil alih pimlinan dari Jorge Lorenzo yang sejak lepas start memimpin balapan.

Meski all podium diisi rider Spanyol, jari jempol juga layak ditujukan kepada Rossi yang dalam kondisi cidera masih bisa fight di level atas.

Aksinya pertahankan posisi dari.sergapan Marquez maupun Vinales termasuk manuver-manuver terbaik di seri ini.

Sayang, penampilan heroik The Doctor tak cukup untuk pertahankan posisinya di 4 Besar klsemen. Dikudeta Pedrosa yang baru kali ini nyodok ke 4 Besar klasemen sejak awal musim.  (andro)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine