Tips Pilih Dan Pasang Rak Sepeda Di Mobil

Minggu, 26/04/2015 15:57 WIB

Mobilinanews.com, (Jakarta) – Menghabiskan weekend bersama keluarga dengan turut serta memboyong sepeda kesayangan tentunya ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan. Salah satunya menyediakan rak sepeda ( Bike Rack).

“Bike Rack mempermudah saya ketika mau bersepeda di jarak yang jauh, ke puncak misalnya. Yang terpenting bagi saya saat memboyong sepeda adalah memperhatikan karet atau dudukan rack yang menempel pada bodi mobil, jangan sampai mobil lecet atau penyok, hehehe,” ujar Ndaru (35) yang rutin downhill di bilangan Hambalang, Sentul Jawa Barat.

Bagi para pecinta gowes atau down hill piranti tambahan ini mutlak diperlukan. Banyaknya pilihan produk pengangkut sepeda akan mempermudah namun perlu beberapa hal yang diperhatikan agar keamanan serta kenyamanan liburan lebih terjaga.

Rak sepeda ada yang berjenis, hanger dan holded. Untuk model hanger sepeda akan ditempatkan tergantung dengan tambahan strap (tali pengikat) dan bisa diletakan diatas mobil. Sedangkan untuk model holded, telah disertai dengan tempat peletakan sepeda yang umumnya ditempatkan di bagian belakang mobil. Apapun pilihannya pastikan rak yang akan digunakan  sesuai peruntukan mobilnya, sedan, SUV atau MPV.

Disarankan memilih rak sepeda  model holded karena dapat meminimalkan efek cedera pada bodi mobil. Model ini lebih aman karena sepeda memiliki dudukan yang rigid dan tidak mudah goyang. Dan saat memasang perlu diperhatikan pengikat dan karet masih dalam kondisi bagus sehingga optimal melindungi sepeda dan mobil.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan beban tidak over kapasitas, ikuti batas maksimal bobot rak sepeda sesuai petunjuk. Untuk alasan safety jangan letakan rak sepeda pada bagian mobil karena dapat mengganggu pengelihatan driver. Terakhir, jangan ngebut jika gendong sepeda agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan karena dimensi panjang serta bobot mobil yang bertambah.

TERKINI
Mengapa Merokok saat Berkendara adalah Tindakan Berbahaya, Simak Bahaya dan Sanksi Hukumnya Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki Wuling Meriahkan Bulan Mei dengan Program Spreading Joy Into The World Promo Intip Modifikasi Honda PCX160 Karya Juara HMC Yang Layak Menjadi Inspirasi