Super Grasstrack Sambas Membidik Crosser Cilik Kalimantan Barat

Senin, 16/10/2017 13:23 WIB

motorinanews (Sambas) - Regenerasi crosser di Kalimantan Barat mulai terlihat. Puluhan pebalap cilik berusia di bawah 12 tahun bermunculan saat digelar Super Grasstrack Championship 2017 di Kabupaten Sambas. Inilah salah satu cara mencari penerus generasi selanjutnya.

Pada balapan yang diusung Nibung Racing Club dan R-One Enterprise pada Sabtu (14/10), puluhan starter menjadi peserta kelas Mini Moto. Balap garuk tanah yang berlangsung di Sirkuit Nibung, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas itu menjadi enak ditonton sekitar 5000 pasang mata.

"Kami sengaja menyediakan kelas Mini Moto agar muncul pebalap belia," ungkap Erwan, owner R-One Enterprise yang menjadi promotor event. Erwan memang cukup getol mengusung ajang balap di Sambas dan sekitarnya. Dalam setahun bisa menggelar 10 event.

Di belakang Erwan ada H Subhan Nur, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat yang selalu support kegiatan. Keduanya adalah putra asli Sambas yang gemar otomotif dan berupaya mencari bibit baru pebalap untuk diorbitkan. "Kalau bukan putra daerah yang mendukung, siapa lagi? Kita support setiap ajang berkualitas," tekad Subhan Nur, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sambas.

"Mini Moto adalah ajang untuk mencari bibit yang akan IMI seleksi dan bina. Mereka disiapkan ke depannya sebagai pengganti generasi senior. Dengan tersedianya kelas ini semakin mudah mencari bibit pebalap handal yang bisa berkompetisi," tutur Yuliansyah, Ketua Pengprov IMI Kalimantan Barat.

Kembali ke sirkuit. Di trek tampil crosser cilik dengan gaya dan trik balap seperti crosser senior. Ada dua kelas dimainkan, Mini Moto Open dan Mini Moto Matic usia maksimal 12 tahun. Dari kedua kelas itu, Setiawan paling menonjol. Dia merajai kedua kelas dan meraih podium pertama. Nama Sarmi Nizam juga patuh dicatat karena jadi runner-up dan podium ketiga.

Menariknya, ada lady crosser. Namanya Windy Pradita yang membuntuti Setiawan di kelas Mini Moto Matic. Trofi kedua diraih Windy. Nama lainnya ada M Hanif, M Arfka, Rizki Ananda dan Farel yang semuanya naik podium sampai kelima. Regenerasi pun berjalan. (BangVe)

TERKINI
Bengkel Siaga Suzuki Jadi Andalan Pemudik: Permintaan Melesat 56% Tahun 2024 PEVS 2024: Kendaraan Listrik Menjadi Wadah Komersial Bergengsi hingga Media Edukasi dan Unjuk Prestasi Pelajar Indonesia PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis!