Waketum IMI Pusat : Kami Mentargetkan Slalom Bisa Masuk PON

Rabu, 08/11/2017 10:15 WIB

mobilinanews (Serpong) - Tak bisa dipungkiri, sejak A. Hariono ditugaskan sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Olahraga Roda 4 IMI Pusat, motorsport mobil berkembang pesat.

Beberapa cabang olahraga seperti speed rally dan drifting menggelar 3 seri Kejurnas tahun ini. Cabang yang lain juga berkembang menggembirakan, dan beberapa pebalap Indonesia seperti slalom berjaya di Asia. Serta kiprah para pegokart hingga merambah Eropa.

Berikut petikan wawancara dengan pria kalem yang juga seorang offroader nasional ini.

Sejak Anda dipercaya memegang bidang olahraga roda empat IMI Pusat, event semakin bergairah dan berkembang pesat. Apa kiat yang Anda terapkan?

Hahaha... bisa aja. Perasaan sama aja.

Apakah juga karena disupport biro olahraga roda 4 yang pelaku balap dan mumpuni?

Itu sebabnya, dari awal aku kan ngajak pelaku balap untuk duduk di biro. Kalau dilihat kan di situ ada Rifat Sungkar, Ananda Mikola, Fredick Moeladi, Ian Soejono dan yang lain.

Tujuannya, supaya bisa memikirkan bagaimana prestasinya.

Apa rencana besar Anda di tahun depan?

Membawa slalom ke PON di Papua tahun 2020 (Sebelumnya balap motor telah diperlombakan di PON). Alasannya, slalom sudah ada di seluruh Indonesia dan murah karena pakai mobil yang sama dan mobil standar pabrik.

Selain meyakinkan KONI Pusat, bagaimana kiat agar terjadi pemerataan olahraga slalom ke seluruh wilayah Indonesia?

Tahun depan akan dicoba kejuaraan slalom (sekarang disebut sebagai auto gymkhana) dengan sistem region. Sehingga potensi pebalap di daerah bisa lebih kelihatan. Kalau di basket ada DBL, kenapa di slalom gak ada kejuaraan antar sekolahnya, melalui program road safetynya? Masih memungkinkanlah untuk didalami.

Oke, sekarang ke Kejurnas Speed Offroad di mana ini menjadi tahun terakhir digelar di Paramount Serpong.

Kalau gak bisa ya gak pakai situ. Tempat kan banyak. Gitu aja kok repot.

Akan memaksimalkan lokasi di Banjarbaru (Kalsel) dan Tembong Jaya (Serang), atau mencari areal baru di seputaran Jabodetabek yang mudah dijangkau dari Jakarta?

Kasih tahu nggak ya? Hehe

Bagusnya dikasih tahu aja, biar pelaku balap ada gambaran.

Ya, yang di seputaran Jakarta ada 3 lokasi yang diajukan, tinggal nanti disurvei dulu lokasinya.

Ada yang di Modern Land Tangerang sudah ngajak kerjasama untuk 3 tahun, lokasi belum disurvei.

Lalu, ada di Taman Techno, sudah ada wacana kerjasama 3 tahun juga, juga belum disurvei.

Terakhir, tahun depan Kejurnas Speed Offroad akan digelar berapa seri?

Kemungkinan sama tahun ini, 5 seri. Tapi di mana dan kapannya, tunggu nanti di Rakernas IMI, 10-12 Desember di Jakarta ya. (budsan).

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060