Kelebihan Teknologi di Toyota Calya

Kamis, 09/11/2017 17:06 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sebagai pemimpin pasar otomotif di Tanah Air, Toyota menghadirkan Toyota Calya tahun 2016 lalu untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, termasuk di kalangan pembeli pemula mobil baru atau entry level, dengan harga yang terjangkau bagi banyak konsumen. Meski dengan harga yang terjangkau, Toyota Calya sudah dibekali dengan kualitas dan teknologi terbaik di kelasnya. 

“Sudah menjadi komitmen bagi Toyota untuk selalu menghadirkan ever better cars yang diproduksi sesuai dengan kebutuhan konsumen atau pasar. Tak terkecuali Indonesia, dimana segmen MPV masih menjadi pilihan utama di Indonesia dengan karakternya yang sesuai kebutuhan konsumen serta fitur-fitur yang semakin fungsional bagi seluruh penumpang,” kata Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor. 

Aplikasi teknologi pada Toyota Calya dapat dilihat dari berbagai sisi. Di antaranya adanya aplikasi fitur Power Window untuk semua jendela sehingga pengemudi dapat mengontrol semua akses jendela. Salah satu manfaat dari fitur ini adalah pada sektor keamanan agar si buah hati tidak dapat membuka jendela dengan serampangan selama di perjalanan.   

Fitur lain yaitu lampu sein Toyota Calya telah dilengkapi fitur “one touch signal”, sehingga cukup menyentuh ringan tuas, otomatis lampu sein akan menyala tiga kali. Fitur ini bisa digunakan saat berpindah jalur dan saat melewati kendaraan di depan sehingga pengemudi tidak perlu mematikan lampu sein setelahnya. Selain itu, terdapat power outlet pada baris ke-2 agar penumpang lebih mengisi data baterai smartphone-nya lebih mudah. 

Toyota Calya dihadirkan dengan empat pilihan tipe yaitu yaitu 1.2 E M/T, 1.2 E A/T, 1.2 G M/T, dan 1.2 G A/T, dengan dukungan mesin baru 3NR berteknologi Dual VVT-i. Teknologi Dual VVT-i membuat tenaga yang tersalurkan menjadi lebih besar serta lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Toyota Calya mampu menghasilkan tenaga puncak 88 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 11 kgm (108 Nm) / 4.200 rpm, yang disalurkan ke permukaan jalan melalui transmisi otomatis 4-speed yang halus serta transmisi manual 5-speed yang responsif. 

Untuk semakin mendorong penggunaan konsumsi BBM yang lebih efisien, Toyota Calya juga telah dibekali dengan fitur pertama yang ada di kelasnya yaitu ECO indicator pada MID yang dapat memberikan informasi kepada pengemudi seberapa efisien dia mengemudi, jarak yang ditempuh, rata-rata konsumsi bahan bakar, sisa jarak tempuh untuk pengisian ulang bahan bakar, dan lain-lain. 

Salah satu cara untuk mengukur jika spesifikasi teknikal dan aplikasi teknologi yang dimiliki Toyota Calya sesuai kebutuhan mobilitas banyak masyarakat Indonesia adalah pada data penjualan, dimana pada 10 bulan pertama (Januari – Oktober) 2017, mobil ini menjadi produk kendaraan terlaris di kelasnya. Kendaraan berkapasitas tujuh penumpang ini berhasil terjual 62.545 unit. (Derry Journey)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine