7 Moment Tak Terlupakan Motorsport Indonesia 2017

Minggu, 31/12/2017 18:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Di sepanjang 2017, banyak moment penting di ajang motorsport Indonesia. Sebagian besar menggembirakan dan ada yang menyita perhatian.

Momentum itu menjadi titik tolak bagi kemajuan dan kejayaan motorsport di Indonesia, terutama karena peran Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku induk organisasi bermotor yang semakin signifikan.

Moment-moment itu adalah sebagai berikut:

1. Kejuaraan Dunia MXGP di Pangkalpinang

Indonesia kembali disinggahi kejuaraan dunia motocross setelah 20 tahun vakum. Terakhir jurdun motocross digelar di Yogyakarta. Tepatnya di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, 4-5 Maret 2017. 

Meski hanya bisa digelar 1 moto lantaran venue menjadi bubur lumpur akibat guyuran hujan terus-menerus, adanya MXGP menandai kebangkitan event dunia ke Tanah Air.

2. Dualisme IMI Provinsi Kaltim.

Musprov IMI Provinsi Kalimantan Timur yang direkomendasi IMI Pusat pada 18 Maret di Balikpapan menghasilkan H Redy Asmara sebagai Ketum periode 2017-2021.

Namun pada 29 Maret 2017 di Samarinda, Aminullah melakukan Musprov atas rekomendasi KONIDA Kaltim dan melahirkan Aminullah sebagai Ketum.

IMI Pusat telah mengirim legal opinion kepada Kapolda, Ketua KONIDA dan IMI Kaltim terkait IMI Provinsi yang sah. Jika masih juga tidak diindahkan, IMI Pusat akan menyelesaikan masalah di KONI Pusat. Aneh, dualisme di IMI Pusat aja bisa diselesaikan, ini di provinsi kok susah.

3. IMI Pusat Hasil Musyawarah Mufakat Dilantik KONI.

Pada Jumat 16 Juni di Hotel Crowne Plaza, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Pengurus IMI Pusat hasil Musyawarah Mufakat pada Oktober 2016 di Hotel Ambhara Jakarta Selatan, dilantik Ketum Umum KONI Pusat, Mayjen Purn. Tono K Suratman.

Sadikin Aksa ditetapkan sebagai Ketua Umum. Sedang H. Prasetyo Edi Marsudi duduk sebagai salah satu dewan pembina IMI Pusat. Sedangkan pengurus harian merupakan gabungan dari keduanya.

4. Sumsel Kembali Gelar Kejurnas Reli

Setelah belasan tahun, akhirnya kawasan kebun karet Nugra Santana di Ogan Ilir, Sumatera Selatan kembali dipakai ajang Kejurnas reli. Tepatnya, 19-20 Agustus 2017 sebagai seri 1 Kejurnas Reli.

Ini menandai bangkitnya kembali kejurnas Speed Rally setelah sekian lama mati suri. Dua seri lainnya digelar di Sidrap (Sulsel) dan Sumatera Utara.

5. ISSOM Street Race di BSD City, Tangerang

Terobosan penting untuk ajang balap mobil dengan digelarnya seri Kejurnas ISSOM di sirkuit jalan raya di BSD City, Tangerang, 20 Agustus 2017.

Adanya street race ISSOM ini berkat peran dan upaya Ananda Mikola, Bupati Tangerang dan pengembang perumahan BSD City.

Sayangnya, panitia kurang akomodatif dengan media, sehingga ekspose menjadi kurang maksimal.

6.Indonesia Menjadi Raja Asia Auto Gymkhana

Tepatnya di kota Chiang Rai, Thailand, 2-3 Desember 2017, tim Indonesia memastikan diri sebagai juara Asia Auto Gymkhana Competition 2017.

 

Saat itu, melalui duet peslalom Anjasara Wahyu dan Adrian Septianto menjadi juara kesatu pada seri 4 itu. Sebelumnya, di seri pertama di  Semarang dan seri 3 di Taiwan, tim Indonesia lagi-lagi digdaya merajai sebagai juara 1.

Tahun ini adalah come back Indonesia setelah belasan tahun tak ikuti Asia Auto Gymkhana Competition. Dulu, tim Merah Putih masih andalkan Hery Agung dan James Sanger.

 7. IMI Awards, Rakernas & Munaslub IMI Bilaksanakan Bareng.

Ini adalah sejarah otomotif Indonesia, di mana 3 event penting digelar dalam waktu hampir bersamaan yakni IMI Awards (10/12), Rakernas IMI (11/12) dan Munaslub IMI (12/12).

Namun, Munaslub IMI kali ini bukan untuk mengganti Ketua Umum IMI Pusat, melainkan menyempurnakan AD/ART mengikuti perkembangan dunia, FIA dan FIM. (budsan)

TERKINI
Prediksi Bos McLaren, Kepergian Adrian Newey Awal Eksodus di Red Bull Racing, Termasuk Max Verstappen Pengunjung PEVS 2024 Tembus 40.500 Orang, Transaksi Capai Rp400 Miliar! Sepakat Majukan Elektrifikasi, Mobil Anak Bangsa Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Teknologi Hingga Survei Ramaikan PEVS 2024, Kosmik Gelar EV Funrace Bersama Axial Garage dan 645Magazine